Putin Dikawal 4 Jet Tempur Rusia dalam Lawatan ke Timur Tengah

Kamis, 07 Desember 2023 - 08:57 WIB
loading...
A A A
Kunjungan terakhirnya ke wilayah tersebut adalah pada Juli 2022, ketika dia bertemu Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei di Teheran.

Belum jelas apa yang ingin dibicarakan Putin, yang jarang meninggalkan Rusia sejak awal perang Ukraina.

Yang pasti pembicaraan itu secara khusus akan membahas minyak atau geopolitik dengan Putra Mahkota Saudi eksportir minyak mentah terbesar di dunia.

Perjalanan untuk bertemu MbS, hanya beberapa hari setelah pertemuan penting OPEC+ ditunda itu tampak terburu-buru. Salah satu sumber mengatakan kepada Reuters sebelumnya bahwa MBS berencana mengunjungi Moskow.

Putin yang terakhir kali mengunjungi wilayah tersebut pada pertengahan tahun 2022, akan menjamu Presiden Iran Ebrahim Raisi di Moskow pada Kamis.

Putin dan MBS


Kremlin mengatakan, selain minyak, Putin dan MBS akan membicarakan perang antara Israel dan Hamas, situasi di Suriah dan Yaman, dan isu-isu seperti memastikan stabilitas di Teluk. Sementara seorang ajudannya mengatakan Ukraina juga akan dibahas.

Putin dan MBS yang bersama-sama mengendalikan seperlima produksi minyak dunia setiap hari, telah lama menjalin hubungan dekat, meski keduanya terkadang dikucilkan oleh Barat.

Pada KTT G20 tahun 2018, hanya dua bulan setelah pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi di konsulat Saudi, Putin dan MBS melakukan tos dan berjabat tangan sambil tersenyum.

MBS, 38 tahun, telah berusaha menegaskan kembali Arab Saudi sebagai kekuatan regional yang tidak terlalu bergantung pada Amerika Serikat, yang memasok sebagian besar senjatanya ke Riyadh.

Putin yang mengirim pasukan ke Ukraina pada Februari 2022, mengatakan Rusia terlibat dalam pertempuran sengit dengan Barat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1225 seconds (0.1#10.140)