AS Sebut Operasi Darat Israel di Gaza Berakhir Januari 2024, Hamas Siapkan Perlawanan Total

Rabu, 06 Desember 2023 - 05:16 WIB
loading...
AS Sebut Operasi Darat Israel di Gaza Berakhir Januari 2024, Hamas Siapkan Perlawanan Total
Isral akan melanjutkan operasi darat hingga Januari 2023. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Para pejabat AS memperkirakan fase operasi darat Israel di Gaza yang menargetkan ujung selatan Jalur Gaza saat ini akan berlangsung hingga pada bulan Januari 2024. Itu dikarenakan Israel menarget pemimpin Hamas tertentu.

"Namun ketika perang memasuki tahap baru, Gedung Putih sangat khawatir tentang bagaimana operasi Israel akan berlangsung selama beberapa minggu ke depan," kata seorang pejabat senior pemerintah AS, dilansir CNN.

AS telah memperingatkan Israel dengan tegas dalam pembicaraan yang “keras” dan “langsung”, kata mereka, bahwa Pasukan Pertahanan Israel (IDF) tidak dapat meniru taktik menghancurkan yang digunakan di wilayah utara dan harus berbuat lebih banyak untuk membatasi korban sipil.

AS telah menyampaikan kepada Israel bahwa ketika opini global semakin menentang operasi daratnya, yang telah menewaskan ribuan warga sipil, jumlah waktu yang dimiliki Israel untuk melanjutkan operasi seperti saat ini dan tetap mempertahankan dukungan internasional yang berarti semakin berkurang.



Mungkin dalam peringatan publik yang paling langsung hingga saat ini, Menteri Pertahanan Lloyd Austin menegur Israel bahwa mereka “hanya bisa menang dalam peperangan perkotaan dengan melindungi warga sipil.”

Berbicara di Forum Pertahanan Nasional Reagan akhir pekan lalu, Austin mengatakan dukungan AS untuk Israel “tidak bisa dinegosiasikan,” namun ia mengatakan Israel berisiko mengganti “kemenangan taktis dengan kekalahan strategis” jika tidak berbuat lebih banyak untuk mencegah kematian warga sipil.

Jumlah korban jiwa yang sangat besar: Hampir 16.000 warga Palestina telah terbunuh sejak Israel memulai kampanyenya pada bulan Oktober, menyusul serangan teror Hamas terhadap Israel pada tanggal 7 Oktober, menurut Kementerian Kesehatan Gaza yang dikelola Hamas. Israel yakin mereka telah membunuh “beberapa ribu” pejuang Hamas.

Meskipun para pejabat senior pemerintahan Biden telah secara terbuka meminta Israel untuk berbuat lebih banyak guna meminimalkan kematian warga sipil, mereka berhati-hati untuk tidak secara langsung menegur taktik Israel. .

Pejabat senior pemerintah mengatakan kepada CNN bahwa mereka merasa tidak nyaman menggunakan kata “reseptif” untuk menggambarkan tanggapan Israel sejauh ini terhadap nasihat militer pemerintah – bertentangan dengan beberapa pernyataan publik dari sebagian besar anggota senior pemerintahan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1049 seconds (0.1#10.140)