Kemampuan Matematika dan Membaca pada Remaja Menurun Drastis, Kenapa?

Rabu, 06 Desember 2023 - 02:21 WIB
loading...
Kemampuan Matematika dan Membaca pada Remaja Menurun Drastis, Kenapa?
Kemampuan membaca dan matematika pada remaja mengalami penurunan drastis. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Keterampilan matematika dan membaca remaja mengalami penurunan yang belum pernah terjadi sebelumnya di banyak negara dan penutupan sekolah akibat COVID-19 hanyalah salah satu penyebabnya.

Organisasi untuk Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) yang bermarkas di Paris mengatakan, mereka mengalami penurunan kinerja paling tajam sejak tahun 2000 ketika mereka memulai tes keterampilan membaca, matematika, dan sains yang biasanya dilakukan tiga tahunan kepada anak-anak berusia 15 tahun.

Hampir 700.000 pemuda mengikuti tes dua jam tahun lalu di 38 negara OECD yang sebagian besar merupakan anggota dan 44 non-anggota OECD untuk studi terbaru, yang diawasi ketat oleh para pembuat kebijakan sebagai perbandingan kinerja pendidikan internasional terbesar.

Dibandingkan dengan tes terakhir yang dilakukan pada tahun 2018, kinerja membaca turun rata-rata sebesar 10 poin di negara-negara OECD, dan sebesar 15 poin dalam matematika, penurunan yang setara dengan tiga perempat dari nilai pembelajaran dalam satu tahun.

"Meskipun lebih dari separuh dari 81 negara yang disurvei mengalami penurunan, Jerman, Islandia, Belanda, Norwegia, dan Polandia mengalami penurunan tajam dalam nilai matematika," kata OECD, dilansir Reuters.

Rata-rata di seluruh OECD, satu dari empat anak berusia 15 tahun dinilai memiliki kinerja rendah dalam matematika, membaca, dan sains, yang berarti mereka tidak dapat menggunakan algoritma dasar atau menafsirkan teks sederhana, demikian temuan studi tersebut.



“COVID mungkin memainkan peran tertentu, tetapi saya tidak akan melebih-lebihkannya,” kata direktur pendidikan OECD Andreas Schleicher pada konferensi pers.

“Ada faktor-faktor struktural yang mendasarinya dan kemungkinan besar akan menjadi ciri permanen sistem pendidikan kita yang harus ditanggapi dengan serius oleh para pembuat kebijakan.”

Negara-negara yang memberikan dukungan guru tambahan selama penutupan sekolah akibat COVID-19 mendapat skor lebih baik dan hasilnya secara umum lebih baik di negara-negara yang memiliki akses guru yang mudah untuk mendapatkan bantuan khusus.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1108 seconds (0.1#10.140)