4 Alasan PM Narendra Modi Tetap Berjaya pada Pemilu Regional

Rabu, 06 Desember 2023 - 04:04 WIB
loading...
4 Alasan PM Narendra Modi Tetap Berjaya pada Pemilu Regional
Partai pimpinan PM India Narendra Modi sukses memenangkan pemilu regional di India. Foto/Reuters
A A A
NEW DELHI - Partai sayap kanan yang berkuasa di India telah meraih kemenangan gemilang dalam pemilu regional, merebut kendali atas negara-negara bagian penting. Ini merupakan dorongan besar bagi Perdana Menteri Narendra Modi, yang akan mencalonkan diri untuk masa jabatan ketiga dalam pemilu nasional pada bulan Mei.

Dalam pemilu yang berakhir pada hari Minggu, Partai Bharatiya Janata (BJP) merebut negara bagian Rajasthan dan Chhattisgarh dari partai oposisi Kongres Nasional India dan mencatatkan rekor masa jabatan kelima di Madhya Pradesh tengah.

Kekalahan Partai Kongres yang sekuler di tiga negara bagian tersebut – yang mengirimkan 62 anggota ke parlemen nasional – merupakan penentu arah yang menghancurkan harapan mereka untuk kembali berkuasa di tingkat nasional. Para ahli mengatakan partai besar tersebut, yang memimpin perjuangan kemerdekaan India melawan kekuasaan kolonial Inggris, perlu mengkalibrasi ulang strateginya karena Modi telah berhasil mendorong nasionalisme Hindu ke pusat politik India.

Namun, Partai Kongres berhasil menang di negara bagian Telangana di bagian selatan, yang merupakan lokasi pusat teknologi informasi di Hyderabad, sehingga menyoroti perpecahan utara-selatan. Partai ini juga memerintah negara bagian Karnataka – rumah bagi kota Bengaluru, yang dikenal sebagai Lembah Silikon India. BJP masih memiliki kehadiran pemilu yang terbatas di negara-negara bagian selatan yang relatif lebih makmur.

Berikut Adalah 4 Alasan PM Narendra Modi Tetap Berjaya pada Pemilu Regional.

1. Skema Kesejahteraan dan Publisitasnya

4 Alasan PM Narendra Modi Tetap Berjaya pada Pemilu Regional

Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, BJP, yang dipandang sebagai partai pro-bisnis dan pro-perkotaan pada tahun-tahun awalnya, telah berhasil memperluas basisnya. Pemerintah telah meluncurkan sejumlah skema kesejahteraan untuk meningkatkan kredibilitasnya yang berpihak pada masyarakat miskin.

Banyak skema seperti bantuan tunai, jatah gratis, dan tabung gas terjangkau yang diluncurkan oleh pemerintah pusat yang dipimpin oleh Modi telah populer di kalangan pemilih di tengah tingginya pengangguran, sektor pertanian yang melemah, dan meningkatnya kesenjangan.

Modi memuji upaya pemerintahnya untuk membantu masyarakat miskin selama kampanyenya. Pemerintah mengklaim lebih dari 800 juta orang diberikan jatah makanan gratis, hal ini menunjukkan ketimpangan pertumbuhan ekonomi di negara berpenduduk terbesar di dunia tersebut.

BJP naik ke kancah politik nasional pada awal tahun 1990-an berkat gerakan pembangunan kuil untuk dewa Ram menggantikan masjid Babri yang dibangun pada abad pertengahan, yang dihancurkan oleh kelompok Hindu yang bersekutu dengan partai tersebut pada tahun 1992. pengadilan tinggi pada tahun 2019 mengizinkan pembangunan kuil di Ayodhya yang terletak di negara bagian Uttar Pradesh utara.

Di negara bagian Madhya Pradesh, dimana kemenangan BJP sangat besar, skema bantuan tunai yang menargetkan perempuan tampaknya telah menarik pemilih perempuan untuk bergabung dengan partai tersebut, meskipun tingkat kejahatan terhadap perempuan cukup tinggi.

Para pengamat juga mengaitkan kekalahan Kongres dengan rasa puas diri mereka sendiri, dan kegagalan mereka untuk terhubung dengan para pemilih meskipun mereka menjalankan skema kesejahteraan serupa di tingkat negara bagian.


2. Keajaiban Modi dan Politik yang Mengutamakan Hindu

4 Alasan PM Narendra Modi Tetap Berjaya pada Pemilu Regional

Foto/Reuters

Daya tarik pribadi Modi – dalam istilah media lokal adalah “keajaiban Modi” – melebihi BJP. Pemimpin berusia 73 tahun ini tetap sangat populer dengan 93 juta pengikut di X, dan dia telah mengeksploitasi keberhasilan kebijakan luar negerinya untuk keuntungannya.

Di bawah pemerintahan Modi, hubungan New Delhi dengan Amerika Serikat dan negara-negara Barat lainnya telah meningkat pesat di tengah kebijakan Barat untuk melawan kebangkitan Tiongkok. India, pada saat yang sama, juga memproyeksikan dirinya sebagai pemimpin negara-negara Selatan.

Perdana Menteri India juga telah mendorong India sebagai pusat manufaktur di tengah dorongan Barat untuk mencari rantai pasokan alternatif.

BJP juga memanfaatkan peresmian kuil Ram Mandir di Ayodhya pada bulan Januari 2024 untuk keuntungannya. Modi meluncurkan pembangunannya pada tahun 2020, sesuai dengan sentimen nasionalis Hindu di negara tersebut.

“Hasil di Chhattisgarh, Madhya Pradesh dan Rajasthan menunjukkan bahwa masyarakat India sangat mendukung politik pemerintahan dan pembangunan yang baik…,” tulis Modi di X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

Pihak oposisi menuduh Modi terlibat dalam pernyataan anti-Muslim dan memberikan kekebalan kepada kelompok sayap kanan Hindu yang terlibat dalam serangan terhadap Muslim dan minoritas lainnya. India – yang secara resmi merupakan negara sekuler – mengalami peningkatan kekerasan anti-Muslim sejak Modi berkuasa pada tahun 2014.

Modi dan BJP membantah tuduhan tersebut, dengan mengatakan bahwa mereka tidak membeda-bedakan warga India berdasarkan kasta dan keyakinan.

3. Pendanaan Pemilu dan Skala Kampanye

4 Alasan PM Narendra Modi Tetap Berjaya pada Pemilu Regional

Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, BJP telah mampu mendapatkan publisitas kampanye yang luas karena dana pemilunya yang tinggi.

Namun para aktivis pro-demokrasi mengkritik mekanisme hukum pendanaan politik, yang dikenal sebagai obligasi pemilu, yang memungkinkan partai menyembunyikan nama donornya dari publik.

Dari seluruh pendanaan politik antara tahun 2017-2022, setengahnya diterima melalui obligasi pemilu. BJP menerima lebih dari 57 persen pendanaannya melalui obligasi pemilu – sebagian besar sumber pendanaannya masih belum jelas.

Partai Kongres, yang hanya mampu memperoleh 10 persen dari total dana politik, juga mempertanyakan keadilan sistem obligasi pemilu, dengan BJP menerima dana obligasi pemilu tiga kali lebih banyak dibandingkan gabungan semua partai politik lainnya.

Partai nasionalis Hindu mengerahkan dananya untuk menjaga pemimpinnya tetap menjadi sorotan menjelang pemungutan suara pada hari Minggu. Modi berpidato di 14 rapat umum dan mengadakan dua roadshow di Rajasthan, dan juga berbicara di lima rapat umum di Chhattisgarh.

BJP relatif lebih paham teknologi dan mengadopsi media sosial lebih awal dibandingkan partai lain. Ini telah membantu partai tersebut membangun banyak pengikut secara online. Namun partai tersebut juga dituduh menggunakan dana perangnya yang besar untuk melakukan propaganda negatif, terutama yang menargetkan umat Islam.

4. Kurangnya Persatuan Oposisi

4 Alasan PM Narendra Modi Tetap Berjaya pada Pemilu Regional

Foto/Reuters

Kekalahan Partai Kongres juga disebabkan oleh faksionalisme dan kegagalan membentuk aliansi dengan partai-partai sekuler yang berpikiran sama. Pimpinan Kongres juga dituding arogan dan tidak memahami kenyataan di lapangan.

Para ahli mengatakan Partai Kongres perlu mengatur ulang kepemimpinannya, dengan mengangkat generasi muda ke permukaan, jika ingin membalikkan nasib elektoralnya. Dalam 10 tahun terakhir, partai tersebut telah terpinggirkan dalam politik India oleh BJP.

Rahul Gandhi, saudara perempuannya Priyanka Gandhi dan ibu mereka Sonia Gandhi, tetap menjadi wajah partai yang paling dikenal. Presiden partai saat ini, Mallikarjun Kharga, seorang Dalit, bekerja di bawah bayang-bayang dinasti Gandhi – tiga anggotanya pernah menjadi perdana menteri.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1513 seconds (0.1#10.140)