Perbedaan Brigade Al Qassam dan Brigade Brigade Al Qud dalam Konflik Israel Hamas

Selasa, 05 Desember 2023 - 16:10 WIB
loading...
Perbedaan Brigade Al Qassam dan Brigade Brigade Al Qud dalam Konflik Israel Hamas
Sama-sama memerangi Israel, ada perbedaan antara Brigade Al Qassam dan Brigade Al Quds. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Brigade Al Qassam dan Brigade Al Quds merupakan kelompok militer yang cukup menarik perhatian dunia. Kedua kelompok ini berperan aktif dan sungguh-sungguh dalam misi perlawanan terhadap Israel.

Meski sama-sama membela masyarakat Palestina untuk merdeka, rupanya ada sejumlah perbedaan yang jarang diketahui publik. Adapun sejumlah perbedaan dari Brigade Al Qassam dan Brigade Al Quds adalah sebagai berikut.

5 Perbedaan Antara Brigade Al Qassam dan Brigade Al Quds

1. Ideologi dan Tujuan Organisasi


Brigade Al Qassam adalah sayap militer Hamas, sebuah organisasi politik dan sosial yang menguasai Jalur Gaza. Sedangkan Brigade Al Quds adalah sayap militer Jihad Islam, sebuah organisasi yang berkomitmen untuk menghancurkan Israel dan mendirikan negara Islam di Palestina.

2. Perbedaan Pendirinya


Brigade Al Qassam didirikan pada tahun 1991 oleh Salah Shehadeh, seorang komandan militer Hamas yang kemudian dibunuh oleh Israel pada tahun 2002. Brigade Al Quds didirikan pada tahun 1981 oleh Fathi Shaqaqi dan Abd Al Aziz Awda, dua pemimpin Jihad Islam yang juga dibunuh oleh Israel pada tahun 1995 dan 1993.

3. Jumlah Tentara


Brigade Al Qassam memiliki anggota yang lebih banyak dan lebih terorganisir daripada Brigade Al Quds. Diperkirakan Brigade Al Qassam memiliki antara 7.000 hingga 10.000 anggota aktif dan 20.000 anggota cadangan.

Sementara itu, Brigade Al Quds memiliki sekitar 1.000 hingga 2.000 anggota aktif dan tidak diketahui berapa jumlah anggota cadangannya.

4. Persenjataan


Brigade Al Qassam memiliki persenjataan yang lebih canggih dan beragam daripada Brigade Al Quds. Brigade Al Qassam telah mengembangkan roket dan misil buatan sendiri, seperti Qassam, M-75, dan R-160, yang mampu mencapai jarak hingga 200 km.

Sementara Brigade Al Quds juga memiliki roket dan misil buatan sendiri. Beberapa di antaranya seperti Quds, Buraq, dan Ayyash, tetapi jangkauannya lebih pendek, antara 10 hingga 80 km.

5. Hubungan Politik


Brigade Al Qassam memiliki hubungan yang lebih baik dengan kelompok-kelompok Palestina lainnya, seperti Fatah, Jihad Islam, dan Brigade Martir Al-Aqsa, daripada Brigade Al Quds.

Brigade Al Qassam juga sering berkoordinasi dan berkolaborasi dengan kelompok-kelompok tersebut dalam melakukan operasi militer bersama melawan Israel. Hal itu pula masih dilakukan hingga sekarang ini dalam memberantas zionis.

Sedangkan Brigade Al Quds lebih independen dan jarang bersekutu dengan kelompok-kelompok lain, meskipun kadang-kadang mereka juga berpartisipasi dalam serangan gabungan.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1638 seconds (0.1#10.140)