Ukraina Keluarkan Henry Kissinger dari Daftar Target Pembunuhan

Minggu, 03 Desember 2023 - 13:01 WIB
loading...
Ukraina Keluarkan Henry Kissinger dari Daftar Target Pembunuhan
Situs Peacemaker Ukraina keluarkan mantan Menlu AS Henry Kissinger dari daftar target pembunuhan. Foto/War on The Rocks
A A A
KIEV - Basis data 'Peacemaker' Ukraina , yang berisi orang-orang yang dianggap sebagai musuh negara, telah menandai diplomat veteran Amerika Serikat (AS) Henry Kissinger sebagai almarhum. Mantan Menteri Luar Negeri AS, yang meninggal pada hari Rabu, ditambahkan ke dalam daftar itu pada Mei 2022 atas tuduhan partisipasi dalam operasi khusus informasi Rusia melawan Ukraina.

Online resource ini, yang dibuat pada tahun 2014, menggambarkan dirinya sebagai “Pusat Penelitian Unsur-Unsur Kejahatan terhadap Keamanan Nasional Ukraina, Perdamaian, Kemanusiaan, dan Hukum Internasional non-pemerintah.”

Selama bertahun-tahun, situs ini telah terlibat dalam berbagai skandal, termasuk penerbitan data pribadi jurnalis asing dan individu lain yang dianggap oleh ‘Peacemaker’ sebagai musuh.



Menurut situs tersebut, Kissinger telah menyebarkan propaganda dan juga menganjurkan pemisahan Donetsk dan Lugansk, serta beberapa wilayah selatan, dari Ukraina. Mantan penasihat keamanan nasional AS ini disebut oleh 'Peacemaker' sebagai kaki tangan kejahatan pemerintah Rusia terhadap Ukraina dan rakyatnya, seperti dikutip dari RT, Minggu (3/12/2023).

Kissinger menjabat sebagai Menteri Luar Negeri AS dari tahun 1973 hingga 1977 di bawah Presiden Richard Nixon dan Gerald Ford, serta memainkan peran penting dalam meningkatkan hubungan AS dengan Uni Soviet.

Diplomat tersebut juga mempelopori normalisasi hubungan dengan China, sesuatu yang membuatnya dihormati Beijing selama sisa hidupnya.

Setelah meninggalkan jabatannya, Kissinger tetap aktif memberikan ceramah dan mengomentari urusan internasional. Dia juga melakukan perjalanan ke China dan diterima oleh para pemimpin negara tersebut puluhan kali.



Mengenai konflik Ukraina, Kissinger menggambarkan keputusan Barat yang menawarkan Kiev jalan menuju keanggotaan NATO sebagai “kesalahan besar,” yang memicu permusuhan saat ini.

Tahun lalu, ia menyarankan agar Ukraina melepaskan klaim teritorialnya atas Crimea dan memberikan otonomi kepada Republik Rakyat Donetsk serta Lugansk – yang semuanya dianggap wilayah Rusia oleh Moskow – dalam upaya mengakhiri pertumpahan darah.

Kepemimpinan Ukraina, pada bagiannya, telah berulang kali menolak konsesi teritorial apa pun kepada tetangganya, dan bersikeras untuk memulihkan kedaulatannya atas semua wilayahnya berdasarkan perbatasan tahun 1991 secara penuh.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1579 seconds (0.1#10.140)