5 Pendekatan Pangeran Mohammed Bin Salman dalam Perang Israel-Hamas di Gaza

Sabtu, 02 Desember 2023 - 20:20 WIB
loading...
A A A
Kepemimpinan Saudi berhati-hati dalam retorika masa perangnya, menyeimbangkan masyarakat yang semakin frustrasi terhadap Israel, dan kepentingannya untuk mempertahankan perjanjian normalisasi Israel.

3. Memimpin Diplomasi Publik

5 Pendekatan Pangeran Mohammed Bin Salman dalam Perang Israel-Hamas di Gaza

Foto/Reuters

"Riyadh telah memimpin diplomasi publik," kata Jacobs. KTT Arab-Islam yang diadakan di Riyadh awal bulan ini mempertemukan puluhan pemimpin Arab yang menyerukan segera diakhirinya operasi militer Israel di Gaza.

Putra Mahkota Saudi, umumnya dikenal sebagai MBS, juga menegaskan kembali seruan untuk solusi dua negara, sebagaimana dijabarkan dalam Inisiatif Perdamaian Arab yang dipimpin Saudi pada tahun 2002.

Namun seiring dengan berkecamuknya perang dan terbunuhnya warga sipil dalam jumlah yang belum pernah terjadi sebelumnya, retorika “status quo” Saudi tidak cukup untuk meredam kemarahan publik yang semakin besar. “Saudi berada di bawah tekanan untuk menghasilkan sesuatu yang lebih kuat, posisi yang lebih kuat,” tambah Jacobs.

Oleh karena itu, “menyerukan embargo senjata terhadap Israel adalah cara Riyadh untuk mengatakan, ‘kami mencoba untuk mengintensifkan kritik kami’”, untuk menenangkan sentimen publik dibandingkan mengambil tindakan, katanya.

4. Memperkuat Visi Saudi 2030

5 Pendekatan Pangeran Mohammed Bin Salman dalam Perang Israel-Hamas di Gaza

Foto/Reuters

Bertujuan untuk kembali ke panggung internasional, Saudi telah mengkalibrasi ulang tujuan kebijakan luar negeri mereka dan mencapai pusat upaya diplomasi dan mediasi yang berisiko tinggi, tulis Jacobs dalam makalah ICG baru-baru ini. Sebelum perang, hal ini telah memberikan lahan subur bagi terwujudnya normalisasi Saudi-Israel.

Di bawah inisiatif pembangunan ambisius MBS, Visi Saudi 2030, Kerajaan Arab Saudi memperkuat hubungan diplomatiknya dan berupaya menyelesaikan perselisihan berkepanjangan di kawasan guna membuka ruang bagi pertukaran ekonomi dan investasi yang lebih lancar, menurut makalah ICG. Selama setahun terakhir, Kerajaan Arab Saudi telah menjadi tuan rumah sejumlah pertemuan puncak internasional dan mengambil tindakan untuk memperbaiki hubungan dengan musuh-musuh terburuknya, terutama Iran.

Dan kini, Arab Saudi terus menggunakan “kekuatan diplomatiknya yang kian meningkat” untuk bangkit sebagai negara adidaya dalam menyerukan diakhirinya perang Israel di Gaza, kata Jacobs.

Sementara itu, Arab Saudi telah mengambil langkah konkrit untuk menyatakan solidaritas terhadap Palestina termasuk dengan menunda pembicaraan normalisasi dengan Israel. "Hal ini membedakan Arab Saudi dengan negara-negara Arab lainnya yang kurang bersedia mencocokkan retorika mereka dengan diplomasi dan tindakan,” Elham Fakhro, rekan Chatham House dan analis senior Teluk, mengatakan kepada TNA.

5. Membantu Mewujudkan Perdamaian di Palestina

Meskipun Arab Saudi telah menekan Israel dengan retorika yang lebih agresif, mereka masih bersikap enteng, menjauh dari politik dan fokus pada sisi kemanusiaan.

Seruan MBS untuk melakukan embargo senjata bukanlah bersifat politis, melainkan sebuah tindakan “yang diambil untuk menghentikan bencana kemanusiaan”, kata Amer Sabaileh, seorang analis politik Yordania, kepada TNA. Dengan memasuki konflik dari sisi kemanusiaan, Saudi “menempatkan diri mereka di garis depan sambil mengambil pendekatan yang realistis” – menjadikan mereka memiliki posisi yang lebih baik untuk memainkan peran kunci dalam negosiasi politik setelah perang, tambahnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1566 seconds (0.1#10.140)