Jenderal Iran Tawarkan Bantuan kepada Palestina

Rabu, 13 Desember 2017 - 10:17 WIB
Jenderal Iran Tawarkan Bantuan kepada Palestina
Jenderal Iran Tawarkan Bantuan kepada Palestina
A A A
TEHERAN - Komandan Pengawal Revosuli Iran (IRGC), Qassem Soleimani mengatakan, negaranya siap untuk mendukung pasukan Palestina di Jalur Gaza. Pernyataan itu dikeluarkan beberapa hari setelah Amerika Serikat (AS) mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel.

"Soleimani menawarkan bantuan itu dalam sebuah panggilan telepon pada Senin malam dengan pemimpin kelompok Gaza," sadur Bloomberg dari situs IRGC, Sepah News, Rabu (13/12/2017).

Komandan pasukan al-Quds ini juga mengatakan kepada pemimpin faksi-faksi di Gawa bahwa pasukan lain di wilayah tersebut juga siap untuk membela masjid al-Aqsa di Yerusalem. Masjid al-Aqsa adalah tempat suci tersuci ketiga umat Islam dan kerap terjadi ketegangan antara Israel dan Palestina.

Meski begitu, laporan tersebut tidak memberikan rincian tentang bantuan yang disodorkan dan tidak mengidentifikasi faksi-faksi Gaza yang dimaksud.

Soleimani berbicara sehari setelah pimpinan gerakan Hizbullah Libanon, Hassan Nasrallah, meminta semua kelompok "perlawanan" di wilayah tersebut untuk menghasilkan strategi terpadu untuk merebut kembali Yerusalem.

Pasukan Quds Iran beroperasi di luar perbatasan negara dan telah berjuang melawan ISIS di Irak dan mendukung Presiden Bashar al-Assad di Suriah. Iran juga mempunyai proxi seperti Hizbullah dan Hamas yang telah berperang dengan Israel.

Palestina mengklaim sektor timur Yerusalem, di mana masjid tersebut berdiri, sebagai ibu kota negara masa depan, dan mereka menentang langkah AS. Kelompok pembebasan Hamas telah menyerukan intifadah baru melawan Israel sebagai tanggapan, meskipun sejauh ini demonstrasi telah dibatasi.

Presiden AS Donald Trump secara resmi mengumumkan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel. Pengumuman itu disampaikannya lewat sebuah pidato di Gedung Putih.

"Saya telah menetapkan bahwa sekarang saatnya untuk secara resmi mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel," kata Trump.

"Sementara presiden sebelumnya telah membuat janji kampanye besar ini, mereka gagal menyampaikannya. Hari ini, saya mengantarkan," tukasnya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4272 seconds (0.1#10.140)