10 Alasan Perang Musim Dingin Sangat Mematikan bagi Ukraina dan Rusia, Salah Satunya Pertempuran Autopilot

Jum'at, 01 Desember 2023 - 05:55 WIB
loading...
10 Alasan Perang Musim Dingin Sangat Mematikan bagi Ukraina dan Rusia, Salah Satunya Pertempuran Autopilot
Tentara Ukraina dan Rusia akan menghadapi pertempuran musim dingin yang penuh darah dan mematikan. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Musim dingin ini kemungkinan akan terjadi kebuntuan yang panjang dan berdarah di Ukraina , dengan tidak ada pihak yang mundur dari serangan dan serangan balasan, namun mungkin akan menabur benih negosiasi tahun depan.

“Musim dingin hanya akan menambah kesengsaraan… tidak ada pihak yang akan melakukan terobosan taktis atau operasional,” pensiunan kolonel Seth Krummrich, yang sekarang menjadi wakil presiden di Global Guardian, sebuah konsultan keamanan, mengatakan kepada Al Jazeera.

Ukraina melancarkan serangan balasan besar-besaran pada awal Juni yang diperkirakan merebut kembali separuh wilayah yang direbut Rusia pada awal tahun.

Berikut adalah 10 Alasan Perang Musim Dingin yang Mematikan Menanti Pasukan Ukraina dan Rusia

1. Ukraina Akan Melanjutkan Serangan Balasan pada Musim Dingin

10 Alasan Perang Musim Dingin Sangat Mematikan bagi Ukraina dan Rusia, Salah Satunya Pertempuran Autopilot

Foto/Reuters

Namun gagal dalam tujuan strategisnya untuk membagi pasukan Rusia menjadi dua, mengisolasi Kherson, Zaporizhia dan Krimea dari Luhansk, Donetsk dan Kharkiv. Komandan senior Ukraina mengatakan serangan balasan akan terus berlanjut hingga musim dingin.

Bulan lalu Rusia berusaha membalasnya dengan serangkaian serangan baru di timur – menuju kota Kupiansk, Lyman, Avdiivka dan Mariinka. Tidak ada yang berhasil, namun Rusia terus melakukan serangan meskipun salju dan es membeku, seperti yang terlihat di dekat Kupiansk pada 21 November.

“Saya pikir mereka akan mencoba untuk terus maju di musim dingin,” kata Krummrich. “Tanah membeku, [mereka] akan mencoba melakukan beberapa gerakan karena mereka putus asa. Maksud saya bukan orang Ukraina. Maksudku orang-orang Rusia. Para prajurit tidak akan mau melakukannya. Ini akan menjadi bencana. Akan ada lebih banyak mayat,” katanya.


2. Perang Tanpa Strategi yang Tinggi Alias Perang Autopilot

Hal itu sudah terlihat jelas. Angkatan bersenjata Ukraina memperkirakan 6.260 kematian warga Rusia pada minggu 20-26 November, rata-rata hampir 1.000 kematian per hari – akibat serangan Rusia yang tiada henti di wilayah timur.

“Ini adalah perang yang tidak memiliki strategi tinggi,” ungkap Konstantinos Grivas, pengajar sistem persenjataan dan geopolitik di Akademi Angkatan Darat Hellenic, mengatakan kepada Al Jazeera.

“Rusia terjebak dalam perang gesekan, yang memiliki logikanya sendiri… ini adalah perang autopilot.”

3. Teknologi Tinggi Tidak Jadi Andalan

Grivas mengatakan, kedua belah pihak gagal menghasilkan keunggulan teknologi atau taktis yang akan menghasilkan terobosan karena pertahanan dominan.

“Daya tembak dan pertahanan pasif – misalnya ladang ranjau, parit – tampaknya telah menetralkan kemampuan pasukan mekanis dan udara,” kata Grivas. “Jika ada perkembangan kritis, maka itu akan menjadi keruntuhan karena kelelahan – seperti pertandingan tinju di mana seorang petinju tidak dapat menerima pukulannya, namun tidak dapat menerima pukulan knock-out.”

Kedua belah pihak mempunyai strategi untuk mencapai kesuksesan, namun sejauh ini semuanya gagal.

Rusia berharap angkatan bersenjata Ukraina akan segera runtuh ketika melakukan invasi pada Februari 2022. Ketika hal itu gagal, Rusia menghujani sekitar 10.000 rudal ke kota-kota di Ukraina untuk mematahkan keinginan negara tersebut untuk berperang.

4. Pembangkit Listrik Jadi Target

10 Alasan Perang Musim Dingin Sangat Mematikan bagi Ukraina dan Rusia, Salah Satunya Pertempuran Autopilot

Foto/Reuters

Musim dingin lalu Rusia menargetkan pembangkit listrik sehingga menyebabkan pemadaman listrik, dan pada bulan Juli Rusia mulai menargetkan infrastruktur pelabuhan untuk menghentikan ekspor biji-bijian Ukraina.

Sekutu Ukraina di Barat merespons dengan sistem pertahanan udara, suku cadang, dan generator darurat untuk menjaga pasokan listrik Ukraina tetap mengalir. Mereka menyediakan rudal jarak menengah yang dikombinasikan dengan drone buatan dalam negeri Ukraina untuk mendorong kekuatan angkatan laut Rusia kembali ke wilayahnya sendiri, sehingga menciptakan jalur yang aman bagi pelayaran dagang.

5. Rudal Jarak Jauh Jadi Andalan

Ukraina mencoba strategi ofensifnya sendiri. Mereka menggunakan senjata jarak jauh ini untuk menyerang jauh di belakang Rusia untuk mengganggu pasokan senjata ke garis depan, namun Rusia memindahkan persediaannya ke luar jangkauan dan menemukan jalur pengiriman. Ukraina telah mengirimkan drone untuk menyerang lokasi pembuatan rudal Rusia dan Moskow sendiri, namun muatan mereka terlalu kecil untuk menimbulkan banyak kerusakan.

6. F16 Akan Diterjunkan

Ukraina baru-baru ini meminta pesawat tempur F-16, yang telah disetujui oleh beberapa anggota NATO untuk disuplai, namun diragukan hal ini akan menjadi pemecah kebuntuan, kata para ahli.

“Bahkan jika mereka mendapatkan F-16, mereka tidak akan dapat menggunakannya secara efektif karena pesawat ini memerlukan ribuan jam [pelatihan] dalam penerbangan agar dapat beroperasi,” kata Andreas Iliopoulos, mantan wakil komandan F-16 Tentara Hellenic, mengatakan kepada Al Jazeera. “Mereka tidak akan efektif sampai tahun 2025.”

7. Waktu Tepat untuk Bernegosiasi

10 Alasan Perang Musim Dingin Sangat Mematikan bagi Ukraina dan Rusia, Salah Satunya Pertempuran Autopilot

Foto/Reuters

“Saya pikir semua ini adalah upaya Ukraina untuk terus meminta bantuan Barat dan mencegah kelelahan serta tekanan untuk bernegosiasi,” kata Grivas.

Sekutu Ukraina melarang minyak, emas, berlian, kayu, dan ekspor menguntungkan lainnya dari Rusia untuk melemahkan perekonomian Rusia, namun Rusia menjual minyaknya dengan harga diskon ke China, India, dan pasar lainnya.

Sanksi juga berupaya menghentikan aliran modal dan teknologi sensitif ke Rusia. Namun Rusia telah memproduksi senjata dan membeli peluru artileri dan drone dari negara-negara paria yang memiliki kebencian yang sama terhadap Amerika Serikat – Iran dan Korea Utara.

Agustus lalu, intelijen Ukraina memperkirakan Rusia masih memiliki sekitar 585 rudal dari berbagai jenis, namun berencana membuat lebih dari 100 rudal dalam sebulan. Bulan ini, kata militer Ukraina, Rusia telah menimbun lebih dari 800 rudal di Krimea saja dan bersiap untuk menembakkannya.

8. Ukraina Akan Kalah

Kemampuan Rusia untuk mempertahankan persediaannya dan memanfaatkan cadangan tenaga kerja dalam jumlah besar telah membuat beberapa pengamat berpendapat bahwa waktu sudah dekat.

“Ukraina kemungkinan besar akan kalah dalam perang gesekan yang berlarut-larut, karena ini merupakan pertarungan yang tidak adil,” tulis John Mearsheimer, seorang profesor ilmu politik di Universitas Chicago, dalam sebuah opini baru-baru ini yang berjudul “Bound to Lose”.

“Saya terus mendengar orang berkata, dia akan melemahkan Ukraina. Hal itu tidak akan terjadi pada tentara wajib militer yang tidak ingin berada di sana,” kata Krummrich, yang pernah bertempur dalam operasi khusus di Irak dan Afghanistan, dan yakin moral tentara Rusia sedang menurun.

“Setiap gelombang tentara yang selamat dan pulang, mereka mengatakan kepada semua orang bahwa mereka bisa, ‘demi Tuhan, jangan ditarik ke Ukraina’,” kata Krummrich.

9. Tentara Rusia Juga Sudah Lelah Berperang

10 Alasan Perang Musim Dingin Sangat Mematikan bagi Ukraina dan Rusia, Salah Satunya Pertempuran Autopilot

Foto/Reuters

Laporan terbaru menunjukkan semakin banyak tentara Rusia yang ingin pulang.

Meskipun Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy telah menolak melakukan perundingan apa pun saat Rusia berada di wilayah Ukraina, Rusia lebih berhati-hati.

“Rusia tidak pernah menolak perundingan perdamaian dengan Ukraina,” kata Presiden Rusia Vladimir Putin kepada Kelompok 20 pada tanggal 21 November. “Tentu saja, kita harus memikirkan cara menghentikan tragedi ini.”

“Saya pikir dia mengirim pesan lagi, ‘Hei, saya butuh jalan keluar’. Ketika dia terlibat dalam hal ini… dia tidak punya rencana untuk situasi ini,” kata Krummrich.

“Saya pikir keinginan rahasia keduanya adalah bagaimana cara keluar dan siapa yang akan melakukan negosiasi terlebih dahulu,” kata Grivas.

10. Ditentukan AS

Namun apakah hal itu mungkin terjadi pada musim dingin ini?

Kedua belah pihak menunjukkan keinginan untuk bertarung, untuk saat ini.

Putin mungkin mengharapkan kemenangan simbolis menjelang pemilu April mendatang, dan perpecahan lain dalam aliansi Barat, kata para ahli, terutama jika mantan Presiden Donald Trump tampaknya akan memenangkan pemilu presiden AS.

“Apa yang akan terjadi pada pemilu Amerika… Trump dan apa yang diwakili oleh Partai Republik tidak membantu Ukraina, dan berpotensi membuat segalanya lebih mudah bagi Rusia,” kata Krummrich.

Anggota Kongres dari Partai Republik yang setia kepada Trump telah memimpin upaya tahun ini untuk menghentikan aliran bantuan militer ke Ukraina, dengan mengatakan bahwa defisit AS terlalu tinggi.

Bahkan jika Ukraina pada akhirnya terpecah, beberapa orang yakin Rusia akan menderita kerugian yang lebih besar.

“Rusia sedang menuju kekalahan besar. Kemenangannya akan menjadi sebuah bencana, karena negara ini terisolasi dari negara-negara Eropa lainnya, sebuah pukulan besar bagi inti eksistensinya,” kata Grivas.

“Ini sedang di-Asianisasi. Pemenangnya adalah Tiongkok dan negara-negara Eurasia lainnya, yang mampu memanfaatkan Rusia untuk mencapai tujuan kebijakan luar negeri mereka,” katanya.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1097 seconds (0.1#10.140)