10 Alasan Perang Musim Dingin Sangat Mematikan bagi Ukraina dan Rusia, Salah Satunya Pertempuran Autopilot

Jum'at, 01 Desember 2023 - 05:55 WIB
loading...
A A A
Kedua belah pihak mempunyai strategi untuk mencapai kesuksesan, namun sejauh ini semuanya gagal.

Rusia berharap angkatan bersenjata Ukraina akan segera runtuh ketika melakukan invasi pada Februari 2022. Ketika hal itu gagal, Rusia menghujani sekitar 10.000 rudal ke kota-kota di Ukraina untuk mematahkan keinginan negara tersebut untuk berperang.

4. Pembangkit Listrik Jadi Target

10 Alasan Perang Musim Dingin Sangat Mematikan bagi Ukraina dan Rusia, Salah Satunya Pertempuran Autopilot

Foto/Reuters

Musim dingin lalu Rusia menargetkan pembangkit listrik sehingga menyebabkan pemadaman listrik, dan pada bulan Juli Rusia mulai menargetkan infrastruktur pelabuhan untuk menghentikan ekspor biji-bijian Ukraina.

Sekutu Ukraina di Barat merespons dengan sistem pertahanan udara, suku cadang, dan generator darurat untuk menjaga pasokan listrik Ukraina tetap mengalir. Mereka menyediakan rudal jarak menengah yang dikombinasikan dengan drone buatan dalam negeri Ukraina untuk mendorong kekuatan angkatan laut Rusia kembali ke wilayahnya sendiri, sehingga menciptakan jalur yang aman bagi pelayaran dagang.

5. Rudal Jarak Jauh Jadi Andalan

Ukraina mencoba strategi ofensifnya sendiri. Mereka menggunakan senjata jarak jauh ini untuk menyerang jauh di belakang Rusia untuk mengganggu pasokan senjata ke garis depan, namun Rusia memindahkan persediaannya ke luar jangkauan dan menemukan jalur pengiriman. Ukraina telah mengirimkan drone untuk menyerang lokasi pembuatan rudal Rusia dan Moskow sendiri, namun muatan mereka terlalu kecil untuk menimbulkan banyak kerusakan.

6. F16 Akan Diterjunkan

Ukraina baru-baru ini meminta pesawat tempur F-16, yang telah disetujui oleh beberapa anggota NATO untuk disuplai, namun diragukan hal ini akan menjadi pemecah kebuntuan, kata para ahli.

“Bahkan jika mereka mendapatkan F-16, mereka tidak akan dapat menggunakannya secara efektif karena pesawat ini memerlukan ribuan jam [pelatihan] dalam penerbangan agar dapat beroperasi,” kata Andreas Iliopoulos, mantan wakil komandan F-16 Tentara Hellenic, mengatakan kepada Al Jazeera. “Mereka tidak akan efektif sampai tahun 2025.”

7. Waktu Tepat untuk Bernegosiasi

10 Alasan Perang Musim Dingin Sangat Mematikan bagi Ukraina dan Rusia, Salah Satunya Pertempuran Autopilot

Foto/Reuters

“Saya pikir semua ini adalah upaya Ukraina untuk terus meminta bantuan Barat dan mencegah kelelahan serta tekanan untuk bernegosiasi,” kata Grivas.

Sekutu Ukraina melarang minyak, emas, berlian, kayu, dan ekspor menguntungkan lainnya dari Rusia untuk melemahkan perekonomian Rusia, namun Rusia menjual minyaknya dengan harga diskon ke China, India, dan pasar lainnya.

Sanksi juga berupaya menghentikan aliran modal dan teknologi sensitif ke Rusia. Namun Rusia telah memproduksi senjata dan membeli peluru artileri dan drone dari negara-negara paria yang memiliki kebencian yang sama terhadap Amerika Serikat – Iran dan Korea Utara.

Agustus lalu, intelijen Ukraina memperkirakan Rusia masih memiliki sekitar 585 rudal dari berbagai jenis, namun berencana membuat lebih dari 100 rudal dalam sebulan. Bulan ini, kata militer Ukraina, Rusia telah menimbun lebih dari 800 rudal di Krimea saja dan bersiap untuk menembakkannya.

8. Ukraina Akan Kalah

Kemampuan Rusia untuk mempertahankan persediaannya dan memanfaatkan cadangan tenaga kerja dalam jumlah besar telah membuat beberapa pengamat berpendapat bahwa waktu sudah dekat.

“Ukraina kemungkinan besar akan kalah dalam perang gesekan yang berlarut-larut, karena ini merupakan pertarungan yang tidak adil,” tulis John Mearsheimer, seorang profesor ilmu politik di Universitas Chicago, dalam sebuah opini baru-baru ini yang berjudul “Bound to Lose”.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1280 seconds (0.1#10.140)