Siapakah Gurpatwant Singh Pannun? Tokoh Separtis Sikh yang Diburu Agen Intelijen India

Jum'at, 01 Desember 2023 - 03:03 WIB
loading...
A A A
Pannun mengatakan dia telah mengajukan kasus hukum dan pidana terhadap dugaan tindakan pemerintah India terhadap separatis Sikh pada tahun 1990an dan pelanggaran hak asasi manusia selama kerusuhan di negara bagian Gujarat pada tahun 2002.

5. Memimpin Sikhs for Justice

Pannun mengadvokasi Khalistan melalui kelompok Sikhs for Justice (SFJ), yang didirikan pada tahun 2007, di mana ia menjadi penasihat umum. Kelompok ini dicap sebagai “asosiasi yang melanggar hukum” oleh India pada tahun 2019, karena dukungan mereka terhadap aktivitas ekstremis dan separatis.

SFJ menyebut dirinya sebagai kelompok advokasi hak asasi manusia, yang berkantor di Washington, London dan Toronto. Firma hukum imigrasi Pannun mengatakan mereka memiliki kantor di Queens, New York, dan Fremont, California. Dia bilang dia juga seorang pengacara pembela.

Pada bulan September, SFJ meluncurkan kampanye "Matilah India - Balkanisasi" untuk "menutup misi India" secara global setelah perselisihan diplomatik antara Kanada dan India mengenai pembunuhan separatis.

India memandang permintaan akan Khalistan yang telah berlangsung selama puluhan tahun namun sekarang tidak lagi mencukupi, merupakan ancaman keamanan akibat pemberontakan dengan kekerasan pada tahun 1970-an dan 1980-an yang dilakukan oleh militan Sikh di Punjab, yang menewaskan puluhan ribu orang.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1064 seconds (0.1#10.140)