Lima Pejabat Tinggi Rusia Tewas Diserang Partisan Ukraina saat Pertemuan

Kamis, 30 November 2023 - 08:21 WIB
loading...
Lima Pejabat Tinggi Rusia Tewas Diserang Partisan Ukraina saat Pertemuan
Setidaknya 5 pejabat tinggi Rusia tewas setelah diserang partisan Ukraina saat melakukan pertemuan di Kherson. Foto/The Kyiv Independent
A A A
KIEV - Setidaknya lima perwira tinggi Rusia tewas dalam sebuah serangan saat mereka tengah mengadakan pertemuan. Serangan fatal itu terjadi di wilayah pendudukan Rusia, Kherson.

Menurut Pusat Perlawanan Nasional Ukraina serangan itu dilaporkan dilakukan dengan bantuan partisan Ukraina yang tinggal di Yuvileyne, sebuah desa di tenggara Ukraina yang berada di bawah kendali Rusia. Pusat Perlawanan Nasional mengunggah di saluran Telegramnya bahwa serangan itu dilakukan di sebuah gedung tempat personel Rusia mengadakan pertemuan.

“Berkat informasi yang diberikan oleh kelompok bawah tanah dan warga setempat yang peduli, sebuah serangan dilakukan terhadap gedung tempat pertemuan penjajah diadakan di desa Yuvileyne, wilayah Kherson yang diduduki sementara,” bunyi postingan tersebut seperti dikutip dari Newsweek, Kamis (30/11/2023).

Akibat tindakan yang berhasil, lima pejabat tinggi diketahui tewas.



Pusat Perlawanan Nasional didirikan oleh Pasukan Operasi Khusus Ukraina pada Maret 2022 untuk menyatukan warga Ukraina yang tinggal di wilayah pendudukan Rusia.

Sementara itu saluran Telegram berbahasa Rusia Astra, yang digunakan oleh jurnalis Rusia yang telah disensor oleh Kremlin, juga melaporkan serangan terhadap gedung dua lantai di Yuvileyne pada hari Selasa, menambahkan bahwa empat petugas polisi Rusia tewas. Sumber yang berbicara dengan saluran tersebut mengatakan bahwa bangunan itu adalah rumah bagi Departemen Dalam Negeri Nova Kakhovka Federasi Rusia, dan strukturnya "dihancurkan" oleh penembakan.

Menurut Astra, 17 karyawan yang bekerja di gedung tersebut juga mengalami luka-luka dalam penyerangan tersebut, dan sedikitnya lima kendaraan dinas mengalami kerusakan. Mereka yang tewas termasuk Mayor Polisi Rusia Arthur Dzhunusov, yang diidentifikasi Astra sebagai wakil kepala departemen kepolisian di wilayah tersebut.

Mayor Polisi Vladimir Novikov, yang diidentifikasi sebagai kepala logistik departemen tersebut, juga tewas dalam serangan itu, begitu pula Letnan Polisi Senior Mergen Nimgirov dan Kapten Polisi Sergei Novikov, lapor Astra. Identitas korban kelima tidak diketahui pada saat berita ini dimuat.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1170 seconds (0.1#10.140)