Eropa Memanas! Moskow Ancam Polandia jika Kirim Pasukan ke Perbatasan Finlandia-Rusia

Kamis, 30 November 2023 - 02:11 WIB
loading...
Eropa Memanas! Moskow Ancam Polandia jika Kirim Pasukan ke Perbatasan Finlandia-Rusia
Rusia mengancam Polandia jika mengirimkan pasukannya ke perbatasan Finlandia. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Setiap keputusan Finlandia yang mengizinkan "konsentrasi" pasukan di perbatasannya dengan Rusia akan dipandang oleh Moskow sebagai ancaman. Hal itu ditegaskanKremlin pada Rabu, setelah Polandia menawarkan untuk mengirim penasihat militer ke sana. membantu Helsinki mengawasi perbatasan.

Kepala Biro Keamanan Nasional Polandia, Jacek Siewiera, mengatakan dalam sebuah postingan di media sosial X pada Selasa malam bahwa Polandia akan mengirimkan penasihat militer ke sekutu NATO-nya, Finlandia, sebagai tanggapan atas "permintaan resmi untuk dukungan sekutu dalam menghadapi krisis." serangan hibrida di perbatasan Finlandia".

“Sebuah tim penasihat militer akan memberikan pengetahuan di lapangan mengenai keamanan perbatasan, juga dalam hal operasional,” katanya.

Finlandia mengatakan pada hari Rabu bahwa mereka tidak mengetahui tawaran Polandia. Mereka telah menutup seluruh perbatasannya dengan Rusia sepanjang 1.340 km (833 mil) selama dua minggu dalam upaya menghentikan arus besar pencari suaka yang menurut Helsinki merupakan “serangan hibrida” yang diatur oleh Moskow, sebuah tuduhan yang dibantah oleh Kremlin.

Ditanya tentang tawaran Polandia ke Finlandia selama panggilan telepon dengan wartawan, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan: "Ini adalah tindakan yang benar-benar berlebihan untuk menjamin keamanan perbatasan karena tidak ada ancaman di sana."



“Pihak Finlandia harus menyadari dengan jelas bahwa ini akan menimbulkan ancaman bagi kami – peningkatan konsentrasi unit militer di perbatasan kami.”

Peskov mengungkapkan, setiap pengerahan yang direncanakan tidak beralasan dan tidak dapat dibenarkan.

Penjaga Perbatasan Finlandia dan Kementerian Dalam Negeri mengatakan mereka tidak mengetahui adanya rencana untuk membawa penasihat militer Polandia ke perbatasan timur Finlandia.

Kementerian luar negeri dan pertahanan Finlandia serta pasukan pertahanannya tidak segera membalas permintaan komentar.

Presiden Finlandia Sauli Niinisto mengadakan pembicaraan dengan Presiden Polandia Andrzej Duda di Warsawa pekan lalu tetapi mereka tidak membahas kerja sama militer di perbatasan Finlandia dengan Rusia, kata kantor Niinisto dalam sebuah pernyataan kepada Reuters.

Finlandia membuat marah Rusia awal tahun ini ketika negara itu bergabung dengan NATO, mengakhiri ketidak-blokkan militer selama beberapa dekade akibat perang di Ukraina.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1024 seconds (0.1#10.140)