alexa snippet

Paus Fransiskus Dukung Status Quo Yerusalem

Paus Fransiskus Dukung Status Quo Yerusalem
Paus Fransiskus mendukung status quo di Kota Yerusalem. Foto/Istimewa
A+ A-
VATIKAN CITY - Paus Fransiskus mendukung status quo Yerusalem. Hal itu diungkapkannya beberapa jam sebelum pengumuman Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang disebut akan mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel.

"Saya tidak dapat membungkam keprihatinan mendalam saya atas situasi yang telah muncul dalam beberapa hari ini. Pada saat yang sama, saya sangat mengharapkan semua orang untuk menghormati status quo kota Yerusalem, sesuai dengan resolusi PBB yang relevan," kata Paus dalam pidato mingguannya seperti disitat dari AFP, Kamis (7/12/2017).

Seruan dari pemimpin Gereja Katolik sedunia asal Argentina itu datang sehari setelah ia berbicara dengan Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, melalui telepon. Begitu penjelasan yang diberikan pihak Vatikan.

Baca juga:
Abbas Telepon Paus hingga Putin untuk Desak AS Batalkan Pemindahan Kedubes


"Yerusalem adalah kota yang unik, suci bagi orang Yahudi, Kristen dan Muslim," katanya, menambahkan bahwa itu adalah rumah bagi situs yang dianggap suci oleh pengikut tiga agama monoteistik utama.

Yerusalem, kata paus, mempunyai seruan khusus untuk perdamaian.

"Saya berdoa kepada Tuhan agar identitas ini dipertahankan dan diperkuat, demi Tanah Suci, Timur Tengah dan seluruh dunia, serta kebijaksanaan dan kehati-hatian itu berlaku," katanya.

Paus menambahkan bahwa mempertahankan status quo itu penting agar tidak menambahkan unsur ketegangan baru ke dunia yang sudah tidak stabil yang diliputi oleh begitu banyak konflik yang kejam.

Presiden AS Donald Trump pada hari Rabu waktu setempat akan mengumumkan mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel. Tidak hanya itu, Trump juga akan memindahkan kedutaan besar AS ke Yerusalem. Keputusan ini melanggar kebijakan AS yang telah lama berlaku dan berpotensi mengancam stabilitas regional.

Baca juga:
Abaikan Peringatan, Trump Bakal Umumkan Akui Yerusalem Ibu Kota Israel
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top