17 Hari Terperangkap di Terowongan, 41 Pekerja India Berhasil Diselamatkan

Rabu, 29 November 2023 - 00:48 WIB
loading...
17 Hari Terperangkap di Terowongan, 41 Pekerja India Berhasil Diselamatkan
17 hari terperangkap di terowongan, 41 pekerja India berhasil diselamatkan. Foto/ABC.net
A A A
SILKYARA - Tim penyelamat India berhasil mengeluarkan 41 pekerja yang terjebak selama 17 hari di terowongan jalan Himalaya yang runtuh dengan aman. Upaya penyelamatan itu berhasil setelah melakukan operasi rekayasa maraton selama 17 hari.

“Saya benar-benar lega dan bahagia karena 41 pekerja yang terperangkap di terowongan Silkyara berhasil diselamatkan,” kata Menteri Perhubungan Jalan India, Nitin Gadkari, dalam sebuah pernyataan.

“Ini adalah upaya yang terkoordinasi dengan baik oleh berbagai lembaga, menandai salah satu operasi penyelamatan paling signifikan dalam beberapa tahun terakhir,” imbuhnya seperti dikutip dari Channel News Asia, Selasa (28/11/2023).

Foto-foto yang dirilis pemerintah India memperlihatkan para pekerja yang diselamatkan itu mendapatkan karangan bunga marigold oranye sebagai perayaan ketika mereka disambut oleh pejabat negara, dengan barisan ambulans menunggu untuk membawa mereka.

Massa bersorak ketika kendaraan darurat dengan lampu berkedip bersiap meninggalkan pintu masuk terowongan, tempat para pekerja terjebak sejak sebagian terowongan yang sedang dibangun di negara bagian Uttarakhand di Himalaya runtuh pada 12 November lalu.

“Pemeriksaan kesehatan awal terhadap semua pekerja sedang dilakukan di kamp medis sementara yang dibangun di terowongan,” ujar Ketua Menteri negara bagian Uttarakhand Pushkar Singh Dhami.

Dhami memuji doa puluhan juta warga negara India dan kerja tak kenal lelah dari semua tim penyelamat yang terlibat dalam operasi penyelamatan.

"Kesehatan para pekerja baik-baik saja, namun tim medis di rumah sakit lapangan sudah siap di lokasi segera setelah mereka dibawa keluar, tambahnya.



Wartawan AFP berbicara dengan anggota keluarga yang menunggu di lokasi dan mengkonfirmasi bahwa para pekerja yang kelelahan telah dibebaskan, ditarik keluar melalui pipa baja sepanjang 57m dengan tandu yang dilengkapi roda khusus.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2075 seconds (0.1#10.140)