Argentina Menyerah Cari Kapal Selam, 44 Awak Mustahil Selamat

Jum'at, 01 Desember 2017 - 05:54 WIB
Argentina Menyerah Cari Kapal Selam, 44 Awak Mustahil Selamat
Argentina Menyerah Cari Kapal Selam, 44 Awak Mustahil Selamat
A A A
BUENOS AIRES - Angkatan Laut Argentina memilih mengakhiri operasi pencarian dan penyelamatan kapal selam ARA San Juan yang hilang bersama 44 awak. Angkatan Laut menyatakan tidak ada kemungkinan menemukan seluruh awak dalam kondisi selamat setelah kapal menghilang 15 hari.

Juru bicara Angkatan Laut Argentina Enrique Balbi mengumumkan akhir dari misi pencarian kapal pada hari Kamis waktu setempat.

”Lebih dari dua kali lipat jumlah hari telah berlalu di mana tidak mungkin untuk menyelamatkan kru,” kata Balbi dalam sebuah konferensi pers, seperti dikutip Reuters, Jumat (1/12/2017).

Meski misi diakhiri, penyelidikan atas insiden itu akan berlanjut. Menurut Balbi, tidak ada jejak yang ditemukan dari kapal selam ARA San Juan.

Para kerabat dari 44 awak kapal menyalahkan pihak Angkatan Laut dalam insiden itu, terlebih ada laporan bunyi ledakan di sekitar lokasi hilangnya kapal selam tersebut beberapa hari lalu.

Kapal ARA San Juan dibangun tahun 1985 dan diperbarui pada tahun 2014 dengan dipangkas menjadi dua dan mesinnya diganti.

Itati Leguizamon, istri anggota awak kapal selam German Suarez, beberapa hari lalu menangis ketika menyadari peluang ditemukannya sang suami sangat kecil.”Mereka mengirimkan sepotong omong kosong untuk berlayar. Mereka meresmikan kapal selam dengan cat dan bendera pada tahun 2014, namun tanpa peralatan di dalamnya. Angkatan Laut harus disalahkan,” katanya pada 24 November lalu.

Jesica Gopar, istri perwira kapal selam Fernando Santilli, mengaku sudah memiliki firasat buruk. ”Mereka belum kembali dan mereka tidak akan pernah kembali lagi. Saya memiliki firasat buruk tentang hal ini dan sekarang telah dikonfirmasi,” ucapnya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4956 seconds (0.1#10.140)