Dunia Fokus ke Gaza, Pemukim Israel Makin Ganas Rebut Tanah Para Petani Palestina

Minggu, 26 November 2023 - 15:53 WIB
loading...
Dunia Fokus ke Gaza, Pemukim Israel Makin Ganas Rebut Tanah Para Petani Palestina
Warga Tepi Barat di Palestina makin menderita karena tanah dan pertanian mereka direbut Israel. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Para petani di Tepi Barat yang diduduki hampir setiap hari menghadapi serangan dan kekerasan dari pemukim Israel , sampai-sampai mereka hidup dalam ketakutan rumah dan tanah mereka akan dicuri.

Ditambah lagi dengan kekerasan yang mereka saksikan di daerah perkotaan terdekat, seperti kota Jenin dan kamp pengungsi dimana tentara Israel meningkatkan serangannya, menewaskan 10 orang dan melukai 20 lainnya hanya dalam waktu satu minggu.

Menurut Kementerian Kesehatan, setidaknya 237 warga Palestina telah terbunuh dan sekitar 2.850 lainnya terluka oleh pasukan Israel di Tepi Barat yang diduduki sejak 7 Oktober.

Petani Ayman Assad, 45, dan keluarganya dapat dengan jelas mendengar serangan tersebut dari rumah mereka yang hanya berjarak 2 km (1,2 mil) dari kamp dan mereka telah menjadikan beberapa minggu terakhir ini sebagai mimpi buruk bagi dia, istri dan lima anaknya.

“Anak-anak terus-menerus merasa takut, dan mereka tidak lagi bermain di luar, itu terlalu berbahaya,” katanya kepada Al Jazeera.



“Kami bisa mendengar serangan terhadap kamp pengungsi, ledakan dan suara tembakan.”

Assad mengatakan anak-anaknya tidak lagi bersekolah karena meskipun mereka berani menempuh rute ke sana, tentara Israel memblokir banyak jalan di daerah tersebut. Semua kelas sudah online.

Kekhawatiran terbesar saat ini adalah peternakan ayamnya, yang terletak jauh di Area C Tepi Barat, akan diserang oleh pemukim Israel sementara dia tidak mampu mempertahankannya. “Saya takut tanah saya akan dicuri.”

Palestina terkenal dengan buah zaitun, minyak zaitun, dan sayurannya, yang diekspor ke mana-mana. Pohon zaitun, khususnya, merupakan simbol penting keterikatan warga Palestina terhadap tanah mereka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1723 seconds (0.1#10.140)