Tentara Israel Akan Melanjutkan Serangan setelah Gencatan Senjata Berakhir, Hamas Siapkan Kejutan

Minggu, 26 November 2023 - 15:18 WIB
loading...
Tentara Israel Akan Melanjutkan Serangan setelah Gencatan Senjata Berakhir, Hamas Siapkan Kejutan
Tentara Israel berjanji akan melanjutkan serangan selepas gencatan senjata. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Panglima militer Israel mengatakan pada hari Sabtu bahwa pasukan Israel akan melanjutkan serangan di Jalur Gaza segera setelah jeda kemanusiaan sementara dengan Hamas berakhir. Di pihak lain, Hamas pun berjanji akan menyiapkan kejutan untuk membalas serangan Israel.

“Kami akan segera kembali bermanuver di Gaza, membasmi Hamas dan memberikan tekanan signifikan untuk membebaskan sebagian besar sandera yang ditahan di Gaza,” kata Kepala Staf Umum Herzi Halevi kepada Israel Broadcasting Corporation.

“Kami telah menyelesaikan prosedur pengembalian gelombang pertama sandera perempuan dan anak-anak yang ditahan oleh Hamas pada hari Jumat. Hari ini (Sabtu), dan beberapa jam kemudian, saya berharap gelombang kedua sudah tiba,” imbuhnya.

Israel dan Hamas menukar 24 warga Israel dan warga asing dengan 39 warga Palestina dari penjara Israel pada hari Jumat, hari pertama dari jeda kemanusiaan selama empat hari.



Berdasarkan kesepakatan antara pihak-pihak yang bertikai, para sandera dan tahanan akan dibebaskan secara bertahap selama empat hari.

Israel melancarkan kampanye militer besar-besaran di Jalur Gaza menyusul serangan lintas batas yang dilakukan Hamas pada 7 Oktober.

Sejak itu, penyakit ini telah menewaskan sedikitnya 14.854 warga Palestina, termasuk 6.150 anak-anak dan lebih dari 4.000 wanita, menurut otoritas kesehatan di wilayah tersebut.

Sementara itu, Ismail Haniyeh, pemimpin kelompok pejuang Palestina Hamas, mengatakan kelompok tersebut berkomitmen terhadap perjanjian gencatan senjata dan pertukaran sandera selama Israel juga berkomitmen.

"Para korban perang di Gaza adalah harga kebebasan, pembebasan dan kemerdekaan," kata Haniyeh, dilansir Al Arabiya.

Pertempuran antara pasukan Israel dan Hamas terhenti pada hari Jumat untuk pertama kalinya dalam tujuh minggu dalam gencatan senjata sementara menjelang rencana pembebasan sandera Israel yang ditahan oleh militan dengan imbalan warga Palestina yang dipenjara.

Tidak ada pemboman besar-besaran, serangan artileri atau serangan roket yang dilaporkan, meskipun Hamas dan Israel sama-sama saling menuduh melakukan penembakan sporadis dan pelanggaran lainnya. Keduanya mengatakan perang akan dilanjutkan dengan kecepatan penuh segera setelah gencatan senjata selesai.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1656 seconds (0.1#10.140)