Rekor, Rusia Luncurkan 75 Drone Buat Gempur Ukraina

Minggu, 26 November 2023 - 10:44 WIB
loading...
Rekor, Rusia Luncurkan 75 Drone Buat Gempur Ukraina
Gempur Ukraina, Rusian luncurkan 75 drone semalaman. Foto/Ilustrasi
A A A
KIEV - Ukraina pada Sabtu waktu setempat mengatakan bahwa pihaknya telah menjatuhkan 74 dari 75 drone yang diluncurkan oleh Rusia sepanjang malam. Menurut Ukraina, ini merupakan serangan terbesar sejak dimulainya invasi pada tahun lalu.

Tentara Ukraina mengatakan Rusia telah meluncurkan “jumlah rekor” drone Shahed buatan Iran, yang sebagian besar menargetkan Kiev, menyebabkan pemadaman listrik karena suhu turun di bawah titik beku.

Serangan pesawat tak berawak itu terjadi ketika Ukraina memperingati Hari Peringatan Holodomor, memperingati kelaparan jutaan orang di Ukraina pada tahun 1930-an di bawah pemerintahan diktator Soviet Joseph Stalin.

“Musuh meluncurkan serangan drone dalam jumlah rekor ke Ukraina! Arah utama serangannya adalah Kiev,” kata komandan angkatan udara Ukraina, Jenderal Mykola Oleshchuk seperti dikutip dari Channel News Asia, Minggu (26/11/2023).

Angkatan udara Ukraina mengatakan telah menjatuhkan 74 dari 75 drone Shahed.

Pihak berwenang Kiev mengatakan lima orang – termasuk seorang anak berusia 11 tahun – terluka di ibu kota, tempat serangan udara berlangsung selama enam jam.

"Puing-puing drone yang berjatuhan telah memicu kebakaran dan merusak bangunan di seluruh kota," kata Wali Kota Kiev Vitali Klitschko.

AFP melihat warga Kiev membersihkan jendela-jendela yang pecah dan kerusakan lainnya di distrik Dniprovsky, sementara ambulans diparkir di dekatnya.

Salah satu bangunan yang rusak merupakan tempat pembibitan dan bangunan lainnya sebagian lantai atasnya hancur.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2077 seconds (0.1#10.140)