Dapatkan Imunitas dan Jaminan Keselamatan, Mugabe Menolak Diasingkan

Jum'at, 24 November 2017 - 00:12 WIB
Dapatkan Imunitas dan Jaminan Keselamatan, Mugabe Menolak Diasingkan
Dapatkan Imunitas dan Jaminan Keselamatan, Mugabe Menolak Diasingkan
A A A
HARARE - Mantan orang kuat Zimbabwe, Robert Mugabe, mendapatkan kekebalan (imunitas) dari tuntutan hukum dan jaminan keselamatan sebagai bagian dari kesepakatan pengunduran dirinya. Hal itu diungkapkan sebuah sumber yang mengetahui proses perundingan Mugabe dengan pihak militer Zimbabwe.

Mugabe, yang memimpin Zimbabwe sejak kemerdekaan pada tahun 1980, mengundurkan diri pada hari Selasa setelah tentara merebut kekuasaan dan partai yang berkuasa menentangnya. Emmerson Mnangagwa, mantan wakil presiden yang dipecat Mugabe awal bulan ini, akan dilantik sebagai presiden pada hari Jumat.

Sebuah sumber pemerintah mengatakan Mugabe, yang berusia 93 tahun, mengatakan kepada para perunding bahwa ia ingin mati di Zimbabwe dan tidak memiliki rencana untuk tinggal di pengasingan.

"Sangat emosional baginya dan dia sangat kuat tentang hal itu," kata sumber tersebut, yang tidak berwenang untuk berbicara mengenai rincian penyelesaian yang dinegosiasikan.

"Baginya sangat penting menjamin keamanan untuk tinggal di negara ini meskipun itu tidak akan menghentikannya untuk bepergian ke luar negeri jika dia mau atau harus melakukannya," kata sumber tersebut seperti dilansir dari Reuters, Jumat (24/11/2017).

Mugabe mengundurkan diri pada hari Selasa saat parlemen memulai sebuah proses untuk memecatnya, memicu perayaan di jalanan. Kejatuhannya yang cepat setelah 37 tahun berkuasa dipicu oleh sebuah pertempuran untuk menggantikannya antara Mnangagwa dengan istri Mugabe yang jauh lebih muda, Grace.

"Presiden yang lengser jelas menyadari permusuhan publik terhadap istrinya, kemarahan di beberapa kalangan mengenai cara dia melakukan dirinya dan mendekati partai ZANU-PF," kata sumber kedua.

"Untuk itu, perlu juga memastikan bahwa seluruh keluarganya, termasuk istrinya, akan selamat dan aman," imbuhnya.

Mugabe terus bertahan selama seminggu setelah militer turun tangan. Ia membuat marah banyak orang Zimbabwe saat dia menolak mengundurkan diri dalam sebuah pidato yang disiarkan di televisi pada hari Minggu sebagaimana diharapkan semua orang.

Sumber pemerintah mengatakan titik kritis baginya adalah kesadaran bahwa dia akan dipecat dan digulingkan dengan cara yang tidak bermartabat.

"Ketika prosesnya dimulai, dia kemudian menyadari bahwa dia telah kehilangan dukungan partai," kata sumber tersebut.

Mugabe akan menerima paket pensiun yang mencakup uang pensiun, rumah, liburan dan transportasi, asuransi kesehatan, perjalanan udara dan keamanan yang terbatas.

Mantan presiden yang sudah tua itu "berkerut dan terlihat kusam" akibat kejadian dalam seminggu terakhir dan mungkin akan pergi ke Singapura untuk pemeriksaan kesehatan dalam beberapa minggu mendatang, kata sumber tersebut. Dia telah berangkat ke Singapura pada pertengahan November sebelum militer menempatkannya di bawah tahanan rumah.

Mugabe telah menyatakan bahwa dia menjalani kehidupan yang hemat dan dia tidak memiliki kekayaan atau properti di luar Zimbabwe.

Namun bulan lalu sebuah perselisihan hukum antara Grace dan seorang pengusaha yang berbasis Belgia atas sebuah cincin berlian seharga USD1,3 juta mengangkat sebuah tudung yang menutupi gaya hidup Mugabe yang kaya dan istrinya, yang dijuluki "Gucci Grace" atas dedikasinya yang terkenal untuk berbelanja.

Di Zimbabwe, Mugabe menjalankan bisnis susu dan keluarganya memiliki beberapa peternakan sementara media lokal dan asing telah melaporkan bahwa Grace telah membeli properti dan mobil mewah di Afrika Selatan.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4865 seconds (0.1#10.140)