alexa snippet

Menteri Israel Ungkap Kontak Rahasia dengan Arab Saudi

Menteri Israel Ungkap Kontak Rahasia dengan Arab Saudi
Menteri Energi Israel Yuval Steinitz, sosok menteri yang ungkap kontak rahasia Israel dan Arab Saudi. Foto/REUTERS/Ronen Zvulun
A+ A-
TEL AVIV - Menteri Energi Israel Yuval Steinitz mengungkap adanya kontak rahasia antara negaranya dengan Arab Saudi. Kontak ini terjalin di saat kedua negara memiliki kekhawatiran yang sama terhadap Iran.

Pengungkapan terang-terangan ini baru pertama kali disampaikan seorang pejabat Israel secara resmi.

Pemerintah Saudi tidak segera menanggapi pengakuan Menteri Steinitz. Pihak Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu juga tidak segera menanggapi permintaan untuk berkomentar.

Baik Arab Saudi maupun Israel memandang Iran sebagai ancaman utama bagi Timur Tengah. Meningkatnya ketegangan antara Teheran dan Riyadh telah memicu spekulasi bahwa kepentingan bersama dapat mendorong Arab Saudi dan Israel untuk bekerja sama.

Namun, Saudi telah menegaskan bahwa hubungan dengan Israel tidak akan terjalin selama negara Yahudi itu belum menarik diri dari wilayah Arab yang dikuasai dalam perang Timur Tengah 1967.

Dalam sebuah wawancara di Army Radio, Steinitz yang menjadi anggota kabinet keamanan Netanyahu, tidak merinci detail kontak kedua negara tersebut.

“Kami memiliki ikatan yang memang sebagian rahasia dengan banyak negara Muslim dan Arab, dan biasanya partai (kita) tidak malu,” katanya.

”Ini adalah sisi lain yang tertarik untuk menjaga hubungan tetap tenang. Bersama kami, biasanya, tidak ada masalah, tapi kami menghormati keinginan pihak lain, saat hubungan berkembang, entah dengan Arab Saudi atau dengan negara-negara Arab lainnya atau negra Muslim lainnya, dan masih banyak lagi,  (tapi) kami merahasiakannya,” ujarnya, seperti dilansir Reuters, Senin (20/11/2017).

Hussein Ibish, ilmuwan senior Arab Gulf States Institute, di  Washington, mengatakan bahwa ucapan Steinitz tidak akan mengejutkan siapa pun yang telah memperhatikan “pacaran” antara Israel dan Arab Saudi. “Yang secara khusus didorong oleh pihak Israel,” katanya.

Pekan lalu, Kepala Militer Israel, Letnan Jenderal Gadi Eizenkot, mengatakan bahwa Israel siap untuk berbagi informasi intelijen dengan Arab Saudi. Menurutnya, kedua negara memiliki kepentingan bersama dalam menghadapi Iran.
(mas)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top