Israel Serang Iran, Arab Saudi Marah Besar!

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 14:28 WIB
loading...
Israel Serang Iran,...
Israel serangan Iran, Arab Saudi marah besar. Foto/Jerusalem Post
A A A
TEHERAN - Arab Saudi mengutuk serangan Israel terhadap Iran sebagai pelanggaran kedaulatan negara dan pelanggaran hukum serta norma internasional.

“Kerajaan Arab Saudi menegaskan posisi tegasnya dalam penolakannya terhadap eskalasi yang terus berlanjut di kawasan tersebut dan perluasan konflik yang mengancam keamanan dan stabilitas negara dan masyarakat di kawasan tersebut,” kata Kementerian Luar Negeri Saudi dalam sebuah pernyataan, dilansir Al Jazeera.

Riyadh juga mendesak semua pihak untuk “menahan diri sepenuhnya dan mengurangi eskalasi”, memperingatkan konsekuensi dari konflik militer yang terus berlanjut di kawasan tersebut.

Hal itu terjadi setelah militer Israel melakukan serangan udara terhadap Iran pada hari Sabtu, menghantam pangkalan militer dan lokasi rudal, serta sistem lain di beberapa wilayah.



“Kerajaan Saudi menyerukan kepada masyarakat internasional dan pihak-pihak yang berpengaruh dan aktif untuk menjalankan peran dan tanggung jawab mereka guna mengurangi eskalasi dan mengakhiri konflik di kawasan tersebut.”

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Malaysia telah merilis sebuah pernyataan sebagai tanggapan atas serangan Israel semalam terhadap sejumlah lokasi di Iran, dengan menyebut serangan tersebut sebagai “pelanggaran hukum internasional yang jelas” yang “secara serius merusak keamanan regional”.

“Malaysia menyerukan penghentian segera permusuhan dan diakhirinya siklus kekerasan,” kata pernyataan tersebut.

Kementerian Luar Negeri menambahkan bahwa serangan Israel yang terus berlanjut terhadap negara-negara di Timur Tengah terus membawa kawasan itu lebih dekat ke ambang perang yang lebih luas.

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1140 seconds (0.1#10.140)