Trump Sebut Lawatannya ke Asia Sukses Besar

Kamis, 16 November 2017 - 15:41 WIB
Trump Sebut Lawatannya ke Asia Sukses Besar
Trump Sebut Lawatannya ke Asia Sukses Besar
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyebut lawatannya selama 12 hari ke Asia sebagai kesuksesan luar biasa. Ia mengatakan AS dipuja oleh pemimpin asing dan menegaskan kekuatannya di dunia.

Hal itu diungkapkannya dalam pidato di Gedung Putih mengenai perjalanannya ke benua Asia.

"Kepercayaan baru Amerika dan berdiri di dunia tidak pernah lebih kuat dari sekarang," kata Trump, merinci pemberhentiannya di Jepang, Korea Selatan, China, Vietnam dan Filipina seperti dikutip dari Fox News, Kamis (16/11/2017).

Trump mengatakan bahwa ia memiliki tiga tujuan dalam perjalanan: untuk menyatukan dunia melawan ambisi nuklir Korea Utara (Korut), untuk memperkuat aliansi di wilayah tersebut dan untuk menuntut perdagangan yang adil dan timbal balik.

Trump berjanji untuk bekerja "secepat mungkin" guna menghilangkan defisit perdagangan yang cukup besar dengan mitra dagang AS. Dia mengatakan defisit perdagangan AS dengan negara-negara lain yang mencapai sekitar USD 800 miliar per tahun sebagai sesuatu yang tidak dapat diterima.

Trump pun berjanji untuk mulai menguranginya secepat mungkin. Namun, ia tidak mengatakan bagaimana dia merencanakan untuk mencapai tujuan tersebut.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4521 seconds (0.1#10.140)