6 Fakta tentang Alexandria, dari Alexander Agung hingga Banyak Mitos

Minggu, 19 November 2023 - 20:39 WIB
loading...
A A A
Namun pada awalnya, Alexandria adalah Pharos, sebuah pulau di lepas pantai Mesir. Sebuah jalan lintas dibangun ke daratan, dan endapan lumpur alami secara bertahap memperluasnya hingga membentuk geografi yang kita kenal sekarang. Pertumbuhan kota ini setelah didirikan oleh Alexander dan pemerintahan Dinasti Ptolemeus (305-30 SM) menyebabkan masuknya orang-orang dari seluruh dunia Mediterania kuno dengan cepat, tertarik pada apa yang penulis sebut sebagai “ Alexandrian Dream”, tempat dengan jalan lebar, banyak marmer, dan taman raksasa, tempat Mercusuar Pharos, keajaiban dunia kuno, berfungsi sebagai Patung Liberty kuno.

4. Dulu Dikenal sebagai Kota Ilmu

6 Fakta tentang Alexandria, dari Alexander Agung hingga Banyak Mitos

Foto/Reuters

Gagasan modern tentang sejarah sering kali penuh perjuangan, namun buku ini menampilkan keajaiban masa lalu, seperti Perpustakaan Alexandria, dengan kolom-kolom dan patung-patungnya yang besar, dan lemari setinggi langit-langit yang dipenuhi gulungan papirus – dan mungkin lebih dari satu juta gulungan papirus. total buku pada abad pertama SM.

Perpustakaan itu sendiri adalah proyek negara yang diimpikan sejak awal pembentukan kota. Para penguasa bersedia membayar sejumlah besar uang untuk memperoleh teks dan mengorbankan hubungan dengan negara lain agar teks tersebut tetap berada di Alexandria. Dalam adat istiadat Aleksandria, yang disita adalah buku-buku, dan bukan karena adanya upaya untuk melarangnya, melainkan untuk memutuskan apakah akan menyita buku-buku tersebut untuk perpustakaan. Pustakawan adalah selebriti, dan siswa sekolah pada saat itu bertugas menghafal nama mereka.

5. Identik dengan Ratu Cleopatra

Ratu Cleopatra, sang ratu, bisa berbicara dalam 11 bahasa. Dia juga orang pertama dari Dinasti Ptolemeus Helenistik yang fasih berbahasa Mesir.

Sering digambarkan di Barat sebagai orang yang oportunistik dan bergantung pada keterampilan rayuan, orang Aleksandria memandangnya secara berbeda.

6. Pusat Pergolakan Politik Mesir

6 Fakta tentang Alexandria, dari Alexander Agung hingga Banyak Mitos

Foto/Reuters

Alexandria sendiri telah berkembang, dari pulau aslinya dan jalan lintas ke sana, dan sekarang melintasi teluk, dan jauh ke selatan. Kemunduran dan kebangkitan selama berabad-abad, seiring dengan bencana alam dan perkembangan pesat telah mengubahnya dari jalan lebar kuno menjadi kota dengan gang-gang, seperti yang dijelaskan dalam buku ini, di mana “setiap orang mengetahui berita tetangganya”.

Kerusuhan yang terjadi di seluruh wilayah Mesir, sebagian disebabkan oleh kesulitan ekonomi, namun juga karena rezim yang represif, terjadi di Alexandria dengan terbunuhnya seorang pemuda, Khaled Said, oleh polisi Mesir pada tahun 2010. Sebuah grup Facebook dibentuk untuk menuntut keadilan, dan akhirnya menjadi salah satu kelompok yang mengorganisir gerakan protes yang menggulingkan Presiden Hosni Mubarak pada tahun berikutnya.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1002 seconds (0.1#10.140)