8 Tipu Muslihat Hasbara yang Menjadi Mesin Propaganda Israel

Minggu, 19 November 2023 - 20:20 WIB
loading...
8 Tipu Muslihat Hasbara yang Menjadi Mesin Propaganda Israel
Hasbara dikenal sebagai mesin propaganda Israel. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Sejak Israel memulai perangnya di Gaza pada tanggal 7 Oktober, upaya untuk melihat kebenaran dari banyak klaim yang dibuat mengenai tindakan mereka dalam perang tersebut sangatlah sulit.

Salah satu alasan utamanya adalah Israel menggunakan fungsi propaganda yang dikenal dalam bahasa Ibrani sebagai “Hasbara” dalam upaya untuk mengontrol, membentuk, dan memutarbalikkan narasi dari setiap tindakannya.

Berikut dalah 8 tipu muslihat yang dilakukan Hasbara.

1. Melakukan Distorsi dan Pemalsuan Peristiwa

8 Tipu Muslihat Hasbara yang Menjadi Mesin Propaganda Israel

Foto/Reuters

Melansir TheNew Arab, kata Hasbara secara kasar diterjemahkan menjadi "menjelaskan" dalam bahasa Inggris dan dipopulerkan pada awal abad ke-20 oleh aktivis dan jurnalis Zionis Polandia Nahum Sokolow.

Hasbara memiliki banyak kesamaan dengan bentuk-bentuk propaganda modern lainnya, namun ia sering dianggap sebagai gambaran distorsi dan pemalsuan peristiwa demi peristiwa yang lebih terperinci yang digunakan oleh negara Israel untuk membenarkan tindakan dan kebijakan kontroversialnya.

Di era modern, hal ini sering kali berbentuk video, infografis, postingan viral di media sosial, serta hashtag yang dirilis dan dipromosikan oleh negara Israel.


2. Membenarkan Hal yang Tidak Bisa Dibenarkan

8 Tipu Muslihat Hasbara yang Menjadi Mesin Propaganda Israel

Foto/Reuters

Baik dalam serangan militer Israel sebelumnya maupun saat ini di Gaza, selalu terjadi kematian warga sipil yang berlebihan dan Israel berulang kali menargetkan lingkungan dan infrastruktur sipil.

Salah satu fungsi Hasbara adalah untuk membenarkan penargetan wilayah sipil dan kematian warga sipil yang diakibatkannya, serta mengalihkan kesalahan Israel ke Hamas atas sejumlah besar kematian warga sipil.

Inilah salah satu alasan mengapa Israel terus-menerus menuduh Hamas menggunakan sekolah, rumah sakit, lingkungan sekitar dan pabrik sebagai wilayah militer dan menggunakan warga sipil Palestina sebagai apa yang disebut “perisai manusia”.

3. Menggunakan Foto Satelit dan Pengakuan Tahanan Hamas

8 Tipu Muslihat Hasbara yang Menjadi Mesin Propaganda Israel

Foto/Reuters

Israel telah menghasilkan foto-foto satelit dan kutipan dari "pengakuan" para tersangka tahanan Hamas untuk mendukung klaim ini, namun tidak ada bukti yang dapat diverifikasi secara independen.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2005 seconds (0.1#10.140)