Pilot Militer Ukraina Membelot ke Rusia, Disebut sebagai Perwira Senior

Minggu, 19 November 2023 - 07:07 WIB
loading...
Pilot Militer Ukraina Membelot ke Rusia, Disebut sebagai Perwira Senior
Ilustrasi pilot militer Ukraina. Seorang pilot militer Ukraina dilaporkan telah membelot ke Rusia. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Seorang pilot militer dari Angkatan Bersenjata Ukraina telah membelot ke Rusia.

Kantor berita TASS melaporkan pembelotan pilot Kyiv tersebut pada hari Sabtu (18/11/2023), mengutip seseorang yang diduga mengatur penerbangan sang pilot di garis depan.

Menurut saluran-saluran Telegram Rusia yang mengikuti perkembangan perang, pilot Ukraina yang dimaksud adalah seorang prajurit aktif yang memegang pangkat “perwira senior” di pasukan Kyiv.

“Pilot Angkatan Bersenjata Ukraina saat ini berada di Rusia dan sedang diwawancarai oleh Dinas Keamanan Federal,” kata seorang pilot helikopter serang militer Rusia yang diidentifikasi oleh TASS sebagai Aleksey Voevoda.



Orang-orang Rusia dilaporkan berada di balik operasi pembelotan pilot Ukraina tersebut.

Voevoda menolak untuk mengungkapkan rincian apa pun tentang operasi tersebut, dan menambahkan bahwa dia tidak dapat membagikannya sekarang.

Beberapa saluran Telegram Rusia mengeklaim bahwa wawancara dengan pilot Ukraina mungkin akan segera dipublikasikan. Identitas dan pangkatnya masih belum jelas. Menurut Voevoda, pilot Ukraina tersebut adalah seorang komandan penerbangan di Ukraina.

Pilot itu dilaporkan telah membantu pasukan Rusia sejak awal konflik antara Moskow dan Kyiv, menurut klaim Wakil Menteri Informasi Republik Rakyat Donetsk, Daniil Beznosov.

“Pilot Ukraina telah datang ke pihak kami sejak awal operasi militer khusus dan membantu kami dengan informasi dan cara lain,” tulis dia dalam postingan Telegram.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1377 seconds (0.1#10.140)