Propaganda Murahan! Tentara Israel Ternyata Berbohong Terkait Penemuan Senjata di RS Al-Shifa

Sabtu, 18 November 2023 - 20:50 WIB
loading...
Propaganda Murahan! Tentara Israel Ternyata Berbohong Terkait Penemuan Senjata di RS Al-Shifa
Tentara Israel berbohong mengenai senjata yang ditemukan di RS Al Shifa. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Tentara Israel melakukan propaganda murahan untuk memojokkan tentara Hamas. Mereka melakukan pengaturan tentang senjata yang diklaim milik Hamas di RS Al Shifa. Padahal, apa yang dilakukan Israel tersebut adalah suatu kebohongan.

Sebuah video Pasukan Pertahanan Israel (IDF) pada tanggal 15 November yang menunjukkan tur persenjataan Hamas yang ditemukan di rumah sakit Al-Shifa menunjukkan lebih sedikit persenjataan di tempat kejadian dibandingkan dengan rekaman selanjutnya yang difilmkan oleh kru berita internasional, yang mengindikasikan bahwa persenjataan tersebut mungkin telah dipindahkan atau ditempatkan di sana sebelumnya kepada kru berita yang datang.

CNN membandingkan rekaman yang dipublikasikan oleh IDF secara online dengan rekaman yang diambil oleh Fox News yang diberikan akses ke situs tersebut beberapa jam setelahnya. Juru bicara IDF Letkol Jonathan Conricus memimpin tur dalam video IDF dan jam tangan di lengannya menunjukkan waktu menunjukkan pukul 13:18.

Koresponden Luar Negeri Fox News Trey Yingst kemudian mengunjungi tempat kejadian saat hari sudah gelap. Dia mengatakan dalam laporannya bahwa saat itu “tengah malam.”



Yingst diperlihatkan sebuah tas yang terletak di belakang mesin MRI di dalam rumah sakit dengan dua senjata AK-47 terlihat di atasnya. Namun, video IDF yang direkam sebelumnya hanya memperlihatkan satu senjata AK-47. Tidak jelas dari mana senjata AK-47 kedua berasal dan mengapa senjata tersebut tidak terlihat dalam klip IDF sebelumnya.

Beberapa jam kemudian, IDF juga mengunggah foto persenjataan yang konon ditemukan di rumah sakit Al-Shifa secara online. Nama file WhatsApp untuk foto ini menunjukkan bahwa foto itu diambil pada 17:35; ini terjadi setelah tur IDF di kompleks MRI tetapi hampir pasti sebelum kru Fox News tiba.

Ada kemungkinan persenjataan tersebut telah dipindahkan dari lokasi kejadian dan diganti sebelum kru berita tiba. Namun hal ini tidak menjelaskan mengapa lebih banyak senjata yang terlihat ketika pers tiba dibandingkan dalam video IDF asli.

BBC juga diberikan akses ke rumah sakit keesokan harinya, 16 November, dan dua senjata AK-47 masih terlihat di atas tas di dalam ruang MRI. CNN telah menghubungi IDF untuk mengklarifikasi perbedaan tersebut tetapi belum menerima tanggapan.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1062 seconds (0.1#10.140)