Pakai Kafiyeh dan Berdoa untuk Jalur Gaza, Jemaah Umroh Ditahan Tentara Saudi

Sabtu, 18 November 2023 - 08:02 WIB
loading...
A A A
“Saya ditahan selama lebih dari enam jam karena berdoa bagi saudara-saudara kita di Palestina,” katanya dalam video tersebut.



“Saya membagikan ini bukan sekedar untuk kepentingan semata, saya ingin memperingatkan masyarakat di mana pun, terutama mereka yang datang ke tempat suci di Makkah dan Madinah. Saya tidak berbicara tentang politik atau rezim," sambungnya.

“Di Madinah, saya melakukan salat dan mengambil kesempatan ini untuk mendoakan anak-anak dan korban di Palestina… apakah mendoakan orang yang tertindas merupakan kejahatan? Saya tidak tahu bahwa hal ini dilarang di tempat suci.

“Saya bahkan belum menyelesaikan doa saya sebelum tentara datang dan mengambil telepon saya dan mereka memaksa saya menghapus video di mana saya berdoa untuk orang-orang di Gaza.”

Pria tersebut mengatakan bahwa dia dibawa ke kantor polisi yang berbeda dan dia mencoba menjelaskan bahwa dia hanya berdoa, dan dia menghapus video tersebut segera setelah diminta.

“Saya punya tekanan darah tinggi dan saya penderita diabetes, tapi ditahan selama enam jam. Saya diperlakukan seperti penjahat dan diberitahu bahwa saya ditahan karena ‘bersimpati dan berdoa untuk Palestina’ dan sidik jari saya diambil,” katanya.

Dia mengakhiri videonya dengan memperingatkan orang-orang untuk berhati-hati ketika mengunjungi tempat-tempat suci, dan dia diberitahu bahwa dia beruntung telah dibebaskan, dan bahwa dia telah mendengar bahwa orang lain ditahan lebih lama. Dia juga mencatat bahwa seorang wanita Indonesia, yang mengenakan jilbab berbendera Palestina, juga ditahan.

Syekh terkemuka juga mengisyaratkan bahwa masyarakat tidak boleh membuat komentar atau isyarat eksplisit mengenai perang.

Pada 10 November, kepala urusan agama Arab Saudi di Masjidil Haram, Abdul Rahman al-Sudais, menyarankan agar masyarakat tidak ikut campur atau terlibat dalam apa yang terjadi di Gaza.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1090 seconds (0.1#10.140)