Menlu Rusia Lavrov: AS Tidak Ingin Hentikan Israel

Kamis, 16 November 2023 - 21:15 WIB
loading...
Menlu Rusia Lavrov: AS Tidak Ingin Hentikan Israel
Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Sergey Lavrov. Foto/rt
A A A
MOSKOW - Amerika Serikat (AS) tidak ingin membatasi tindakan militer Israel terhadap kelompok pejuang Palestina Hamas di Gaza.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Sergey Lavrov menjelaskan hal itu dalam wawancara eksklusif dengan RT pada Rabu (15/11/2023).

Ketika diminta mengomentari mengapa dia yakin AS memveto resolusi Rusia di PBB yang berupaya menghentikan permusuhan di wilayah Palestina, Lavrov menyatakan Washington “sangat ideologis.”

“Apa pun yang datang dari Rusia dianggap sebagai tindakan permusuhan… Namun secara substansi dan praktis, Washington tidak ingin mengikat tangan Israel,” ujar dia.

Lavrov menunjukkan pendekatan seperti itu berhasil diterapkan di Yerusalem Barat.

Dia menambahkan, AS mencoba membujuk Israel agar “sedikit fleksibel” dalam memberikan bantuan kemanusiaan ke rumah sakit di wilayah kantong yang terkepung, serta mengizinkan orang asing keluar.

“Namun alasan utamanya, saya yakin, adalah Washington tidak ingin menghentikan (mereka) dengan cara yang tidak disukai Israel,” papar Lavrov.

Resolusi pertama yang disponsori Rusia mengenai krisis Timur Tengah, yang muncul setelah Hamas melancarkan serangan mendadak terhadap Israel pada 7 Oktober, menyerukan gencatan senjata segera dan mengutuk semua tindakan terorisme.



Namun, dokumen tersebut, yang diusulkan sekitar satu pekan setelah permusuhan dimulai, diblokir oleh Amerika Serikat, Inggris, Perancis yang merupakan anggota tetap Dewan Keamanan PBB dan Jepang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1993 seconds (0.1#10.140)