Riwayat Provokasi Israel di Masjid Al Aqsa yang Memicu Operasi Badai Al Aqsa dari Hamas

Rabu, 15 November 2023 - 17:01 WIB
loading...
Riwayat Provokasi Israel di Masjid Al Aqsa yang Memicu Operasi Badai Al Aqsa dari Hamas
Pemukim Yahudi menyerbu kompleks Masjid Al Aqsa dengan pengawalan tentara Israel. Foto/REUTERS
A A A
YERUSALEM - Ada riwayat panjang provokasi Israel di Masjid Al Aqsa yang memicu munculnya Operasi Badai Al Aqsa dari kelompok pejuang Palestina Hamas.

Pada awal Oktober 2023 lalu, Hamas melancarkan serangan besar-besaran ke Israel dengan tajuk ‘Operasi Badai Al Aqsa’. Tercatat, serangan tersebut memakan banyak korban dan membuat Israel terkejut.

Melihat ke belakang, sepertinya Operasi Badai Al Aqsa ini sudah direncanakan jauh hari. Sebelum itu, ada sejumlah riwayat provokasi Israel di Masjid Al Aqsa yang mungkin jadi salah satu pemicu serangan besar-besaeran Hamas. Berikut di antaranya.

Riwayat Provokasi Israel di Masjid Al Aqsa

1. Juni 1967


Pada 1967, Israel melancarkan serangan tak terduga ke Yerusalem Timur dan Tepi Barat. Atas keberhasilannya, kelompok sayap kanan Israel mengadakan aksi-aksi provokasi yang ditujukan bagi warga Palestina dengan parade bendera melewati kompleks Masjid Al Aqsa.

Mengutip Al Jazeera, Rabu (15/11/2023), usai keberhasilannya merebut Yerusalem Timur dan Tepi Barat, para pejabat Israel termasuk Ben-Gvir menuju Masjid Al Aqsa.

Saat berada di kompleks Masjid Al Aqsa, sejumlah anggota partai Netanyahu menyanyikan lagu kebangsaan Israel dengan menghadap Dome of the Rock.

Beberapa hari berselang, Kepala Rabbi Militer Israel, Shlomo Goren, bersama pengikutnya melakukan ritual keagamaan Yahudi di halaman Masjid Al Aqsa.

2. 1980-an


Selama periode 1980-an, sejumlah provokasi lain juga dilakukan Israel di Al Aqsa. Mengutip Middle East Monitor, salah satu aksi provokasi dilakukan anggota Temple Mount pada 13 Januari 1981.

Bersama kelompok lain, mereka mendatangi Masjid Al Aqsa dan sempat mengibarkan bendera Israel. Tak hanya itu, kelompok tersebut juga terlihat membawa gulungan Taurat untuk dikibarkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1028 seconds (0.1#10.140)