HRW: Serangan Israel ke Rumah Sakit Harus Diselidiki Sebagai Kejahatan Perang

Selasa, 14 November 2023 - 20:29 WIB
loading...
HRW: Serangan Israel ke Rumah Sakit Harus Diselidiki Sebagai Kejahatan Perang
HRW menuntut serangan Israel ke rumah sakit di Jalur Gaza harus diselidiki sebagai kejahatan perang. Foto/Ilustrasi
A A A
NEW YORK - Serangan berulang-ulang yang dilakukan Israel terhadap fasilitas medis, petugas kesehatan, dan ambulans di Jalur Gaza harus diselidiki sebagai kejahatan perang. Hal itu diungkapkan organisasi hak asasi manusia internasional, Human Rights Watch (HRW).

Menurut HRW serangan yang tampaknya melanggar hukum yang dilakukan militer Israel semakin menghancurkan sistem layanan kesehatan di Gaza pada saat petugas medis menghadapi jumlah pasien yang terluka parah dalam jumlah yang belum pernah terjadi sebelumnya, dan rumah sakit kehabisan obat-obatan serta peralatan mendasar.

“Terlepas dari klaim militer Israel pada tanggal 5 November 2023, tentang ‘penggunaan rumah sakit yang sinis oleh Hamas’, tidak ada bukti yang diajukan yang dapat membenarkan pencabutan status perlindungan rumah sakit dan ambulans berdasarkan hukum kemanusiaan internasional,” kata HRW seperti dikutip dari Al Jazeera, Selasa (14/11/2023).

Kejahatan perang adalah pelanggaran serius terhadap hukum humaniter internasional yang dilakukan dengan tujuan kriminal. HRW mendesak Komisi Penyelidikan Internasional Independen mengenai Wilayah Pendudukan Palestina dan Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) untuk menyelidiki tindakan Israel.

Pada 10 November, menurut PBB, dua pertiga fasilitas kesehatan primer dan setengah dari seluruh rumah sakit di Gaza tidak berfungsi. Dan pada 12 November, setidaknya 521 orang, termasuk 16 pekerja medis, telah tewas dalam 137 serangan terhadap layanan kesehatan di Gaza, kata Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

“Serangan berulang-ulang Israel yang merusak rumah sakit dan merugikan petugas layanan kesehatan, yang sudah terkena dampak blokade yang melanggar hukum, telah menghancurkan infrastruktur layanan kesehatan Gaza,” kata penasihat khusus hak atas kesehatan di HRW, A Kayum Ahmed.



“Serangan terhadap rumah sakit telah menewaskan ratusan orang dan menempatkan banyak pasien dalam risiko besar karena mereka tidak dapat menerima perawatan medis yang layak,” sambungnya.

Antara 7 Oktober dan 7 November, HRW mengatakan pihaknya menyelidiki serangan terhadap atau dekat lima fasilitas kesehatan di Gaza.

Ditemukan bahwa pasukan Israel menyerang Rumah Sakit Indonesia beberapa kali antara tanggal 7 dan 28 Oktober, menewaskan sedikitnya dua warga sipil; Rumah Sakit Mata Internasional diserang berulang kali dan hancur total pada tanggal 10 atau 11 Oktober; Rumah Sakit Persahabatan Turki-Palestina terpaksa ditutup pada tanggal 1 November, beberapa hari setelah serangan udara terhadap atau di dekat fasilitas tersebut; seorang pria dan seorang anak terluka setelah serangan berulang kali di Rumah Sakit al-Quds; dan pasukan Israel beberapa kali menyerang ambulans yang ditandai dengan jelas – setidaknya selusin orang tewas atau terluka dalam satu insiden di luar Rumah Sakit al-Shifa pada tanggal 3 November.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1243 seconds (0.1#10.140)