Tuntut Gencatan Senjata Selama 5 Hari, Hamas Siap Bebaskan 70 Sandera

Selasa, 14 November 2023 - 05:30 WIB
loading...
Tuntut Gencatan Senjata Selama 5 Hari, Hamas Siap Bebaskan 70 Sandera
Hamas siap bebaskan 70 sandera Israel dengan imbalan gencatan senjata selama 5 hari. Foto/Kolase/Sindonews
A A A
YERUSALEM - Sayap militer kelompok perlawanan Islam Hamas mengatakan kepada mediator Qatar bahwa pihaknya siap membebaskan hingga 70 sandera anak-anak dan perempuan yang ditahan di Jalur Gaza dengan imbalan gencatan senjata selama lima hari dengan Israel.

“Minggu lalu ada upaya dari saudara-saudara Qatar untuk membebaskan wanita dan anak-anak yang ditawan musuh, sebagai imbalan atas pembebasan 200 anak-anak Palestina dan 75 wanita yang ditahan musuh” ujar Abu Ubaida, juru bicara sayap bersenjata Hamas, Brigade al-Qassam, dalam rekaman audio yang diposting di saluran Telegram kelompok tersebut.

“Gencatan senjata harus mencakup gencatan senjata sepenuhnya dan memungkinkan bantuan dan bantuan kemanusiaan di mana pun di Jalur Gaza,” imbuhnya seperti dikutip dari kantor berita Australia, ABC, Selasa (14/11/2023).

Dia menuduh Israel menunda-nunda dan menghindari harga dari kesepakatan tersebut.



Israel sebelumnya menolak seruan internasional untuk melakukan gencatan senjata, yang menurut mereka hanya akan memperpanjang penderitaan jika membiarkan Hamas berkumpul kembali.

Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu secara konsisten mengatakan bahwa tidak akan ada gencatan senjata tanpa kembalinya lebih dari 240 sandera yang ditangkap oleh Hamas dalam serangan 7 Oktober di Israel selatan.

Penasihat keamanan nasional Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, Jake Sullivan, mengatakan Gedung Putih ingin melihat jeda kemanusiaan yang lebih lama selama berhari-hari dalam konteks pembebasan sandera.

Lebih dari 11.000 warga sipil Palestina telah tewas dalam serangan artileri dan udara selama lebih dari empat minggu di Gaza, setidaknya 8.000 di antaranya adalah wanita dan anak-anak, menurut pejabat kesehatan di wilayah yang dikuasai Hamas.



(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2377 seconds (0.1#10.140)