Buka KTT Saudi-Afrika, Mohammed Bin Salman Kecam Kekejaman Israel di Gaza

Jum'at, 10 November 2023 - 20:18 WIB
loading...
Buka KTT Saudi-Afrika, Mohammed Bin Salman Kecam Kekejaman Israel di Gaza
Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed Bin Salman membuka KTT Arab Saudi - Afrika di Riyadh pada Jumat (10/11/2023). Foto/Sindonews/Andika HM
A A A
RIYADH - Putra Mahkota Saudi Mohammed Bin Salman (MBS) menegaskan kembali kecaman terhadap pelanggaran Israel di Jalur Gaza dan pengusiran paksa warga Palestina di jalur tersebut.

“Kami mengutuk pelanggaran hukum internasional yang dilakukan otoritas pendudukan Israel di Gaza,” kata Putra Mahkota dalam pidato pembukaannya di KTT Arab Saudi-Afrika Istana Kerajaan, Riyadh, pada Jumat (10/11/2023).

Isu perang Gaza menjadi sorotan utama selama KTT Arab Saudi - Afrika yang dihadiri para pemimpin negara-negara Afrika. Konferensi yang bertujuan untuk meningkatkan hubungan strategis dan ekonomi antara Kerajaan Arab Saudi dan negara-negara Afrika.

Menyoroti hubungan antara Kerajaan Arab Saudi dan negara-negara Afrika, MBS mencatat bahwa Arab Saudi telah menyediakan lebih dari USD45 miliar untuk mendukung proyek-proyek pembangunan dan kemanusiaan di 54 negara Afrika, dan menambahkan bahwa Pusat Bantuan dan Bantuan Kemanusiaan Raja Salman (KSrelief) telah memberikan lebih dari USD450 juta bantuan kepada negara-negara Afrika. 46 negara Afrika.

“Kami tertarik untuk mengembangkan kerja sama, kemitraan dan hubungan perdagangan, dan dengan senang hati mengumumkan peluncuran Inisiatif Pembangunan Raja Salman di Afrika,” kata MBS.

Inisiatif ini akan membuat Kerajaan Arab Saudi mengembangkan proyek air senilai $1 miliar selama jangka waktu 10 tahun. “Kami juga berharap dapat meluncurkan investasi baru Saudi senilai lebih dari USD25 miliar di berbagai bidang,”tambahnya.

KTT Saudi-Afrika yang dilaksanakan memiliki berperan penting dalam membangun kerja sama strategis antara kedua belah pihak di berbagai bidang politik, ekonomi, investasi, keamanan, dan budaya. Hal ini akan meningkatkan kepentingan bersama dan mencapai pembangunan serta stabilitas.



KTT Saudi-Afrika juga menunjukkan bagaimana upaya Arab Saudi untuk menjadi negara yang mendapatkan kepercayaan dari para pemimpin negara-negara Arab. Itu juga sebagai kesempatan bagi Saudi fokus untuk pembangunan dan ekonomi.

Apalagi, volume perdagangan antara Arab Saudi dan negara-negara Afrika mencapai USD20 miliar pada tahun 2023. Ekspor kedua belah pihak mencapai USD14 miliar, sedangkan impor mencapai USD5,8 miliar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1059 seconds (0.1#10.140)