Banjir Terburuk Landa Somalia, 29 Tewas dan 300 Ribu Mengungsi

Rabu, 08 November 2023 - 20:26 WIB
loading...
Banjir Terburuk Landa Somalia, 29 Tewas dan 300 Ribu Mengungsi
Somalia dilanda banjir terburuk dalam beberapa dekade, 29 tewas dan 300 ribu mengungsi. Foto/Reuters
A A A
MOGADISHU - Banjir terburuk yang melanda Somalia dalam beberapa dekade telah menewaskan 29 orang dan memaksa lebih dari 300.000 orang meninggalkan rumah mereka. Itu terjadi setelah hujan lebat menggenangi kota-kota di Afrika Timur.

Pihak berwenang bergegas menyelamatkan ribuan orang yang terdampar dari banjir, yang terjadi setelah kekeringan terburuk di kawasan itu dalam 40 tahun terakhir.

“Apa yang terjadi saat ini adalah yang terburuk selama beberapa dekade. Bahkan lebih buruk daripada banjir tahun 1997,” kata Hassan Isse, direktur pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Somalia (SOMDA), seperti dikutip dari Channel News Asia, Rabu (8/11/2023).

Dikatakan oleh Isse, jumlah korban tewas dan jumlah orang yang mengungsi kemungkinan akan terus bertambah karena banyak orang yang terjebak oleh air banjir.



“Saya tidak ingat banjir seperti ini dalam hidup saya,” kata Mohamed Farah, seorang tetua setempat di kota Baidoa, di barat daya Somalia.

“Orang-orang terus mengungsi untuk mencari tempat yang tinggi,” imbuhnya.

PBB mengatakan setidaknya 2.400 orang telah terputus di kota Luuq, tempat meluapnya Sungai Jubba.

“Luuq dikelilingi sungai dan banjir mengancam kami. Masyarakat terus mengungsi ke luar kota. Ada yang masih terjebak. Toko-toko kami hanyut,” kata Ahmed Nur, seorang pedagang di Luuq.

Sementara itu banjir di negara tetangga, Kenya, telah menewaskan sedikitnya 15 orang dan menenggelamkan sebuah jembatan di Uganda. Banjir juga memutus jalan yang menghubungkan Kampala dengan ladang minyak di barat laut, kata Palang Merah Kenya dan otoritas jalan raya Uganda.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0974 seconds (0.1#10.140)