Bagai Buih di Lautan, Ini Perbandingan Populasi Yahudi dan Muslim di Dunia

Senin, 06 November 2023 - 17:01 WIB
loading...
Bagai Buih di Lautan, Ini Perbandingan Populasi Yahudi dan Muslim di Dunia
Yahudi ultra-Ortodoks mengambil bagian dalam ritual Tashlikh yang secara simbolis membuang dosa, menjelang Yom Kippur, Hari Pendamaian Yahudi, di Ashdod, Israel, 3 Oktober 2022. Foto/REUTERS/Amir Cohen
A A A
TEL AVIV - Perbandingan populasi Yahudi dan Muslim di dunia sangatlah jauh. Bagai buih di lautan, jumlah pemeluk Yahudi sangat jomplang jika dibandingkan dengan penganut Islam yang menjadi agama terbesar kedua di dunia.

Pada riwayatnya, terdapat banyak kepercayaan atau agama yang dipilih dan dianut masyarakat dunia. Dari sekian banyak, ada beberapa kelompok dengan pemeluk terbesar seperti Kristen, Islam, Hindu, hingga Buddha.

Jika menguraikannya berdasarkan jumlah pemeluk, Yahudi tidak termasuk sebagai salah satu agama yang paling banyak penganutnya. Apabila dibandingkan dengan Islam, jumlahnya juga masih terpaut jauh.

Perbandingan Populasi Yahudi dan Muslim

1. Yahudi


Mendengar agama Yahudi, sebagian orang akan langsung tertuju kepada Israel. Negara tersebut merupakan satu-satunya di dunia yang memiliki mayoritas penduduk beragama Yahudi.

Mengutip Times of Israel, Senin (6/11/2023), populasi Yahudi global dikatakan mencapai 15,7 juta jiwa per 2022 lalu. Pada data yang dirilis Jewish Agency, sekitar 7,2 juta di antaranya berada di Israel.

Secara total, Israel menyumbang sekitar 46% dari seluruh penganut Yahudi di dunia. Selain Israel, Amerika Serikat memiliki populasi Yahudi terbesar kedua dengan angka 6,3 juta jiwa.

Sementara untuk sisanya tersebar di berbagai negara lain, seperti Prancis, Kanada, Inggris, Argentina, Rusia, dan lain sebagainya.

2. Islam


Islam menjadi salah satu agama dengan pemeluk terbanyak di dunia. Data Paw Research Center tahun 2015 menempatkan Islam di urutan kedua dengan estimasi sekitar 1,8 miliar jiwa atau setara 24% total populasi dunia.

Lebih jauh, angka tersebut dikatakan telah mengalami peningkatan signifikan seiring waktu. Mengutip Morocco World News, data Global Muslim Population memperkirakan angkanya menjadi lebih dari 2 miliar jiwa pada pertengahan 2023.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0992 seconds (0.1#10.140)