5 Negara yang Putus Hubungan Diplomatik atau Menarik Duta Besar dari Israel

Senin, 06 November 2023 - 15:25 WIB
loading...
A A A
Menurut laporan Anadolu Ajansi, Kolombia menarik duta besarnya dari Israel pada awal pekan lalu.

Sebelumnya, Presiden Gustavo Petro juga memperingatkan bahwa negaranya bisa segera memutuskan hubungan diplomatik jika pasukan Israel tidak kunjung menahan serangannya.

Komentar tersebut juga menyulut kemarahan Israel. Duta besarnya pun sempat dipanggil (sebelum ditarik) atas dugaan pernyataan permusuhan dan anti-semit.

3. Cile


Cile juga mengikuti jejak Kolombia. Mengutip The Guardian, Presiden Gabriel Boric mengumumkan pihaknya telah memanggil pulang duta besarnya di Israel sementara waktu.

Tujuannya adalah membahas isu pelanggaran hukum kemanusiaan yang dilakukan Israel terhadap warga Palestina. Lebih jauh, Boric juga menyerukan gencatan senjata segera demi menghindari bertambahnya korban jiwa.

4. Turki


Terlepas dari statusnya sebagai anggota NATO, Turki juga turut mengambil sikap tegas terhadap Israel. Mereka memanggil duta besarnya di Israel guna berkonsultasi terkait keadaan yang terjadi.

Menanggapi hal ini, juru bicara Kementerian Luar Negeri Israel, Lior Haiat, mengatakan bahwa langkah tersebut bisa dikatakan sebagai bentuk keberpihakan Turki kepada Hamas.

5. Yordania


Awal November 2023 lalu, Yordania menarik duta besarnya dari Israel. Tak hanya itu, mereka pun meminta dubes Israel di negaranya untuk menjauh sebagai bentuk protes atas serangan brutal yang mereka lakukan terhadap Palestina.

Itulah nama-nama negara di dunia yang memutus hubungan diplomatik atau menarik duta besarnya dari Israel.
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1408 seconds (0.1#10.140)