7 Fakta Mengejutkan Nasrallah, Pemimpin Hizbullah yang Berani Melawan Israel

Senin, 06 November 2023 - 14:11 WIB
loading...
A A A

5. Berani Melawan Israel

Nasrallah baru-baru ini muncul dan berpidato di tengah perang Israel-Hamas yang berkecamuk di Gaza, Palestina. Dia mengatakan membuka front kedua perang dengan Israel adalah "opsi di atas meja".

Israel dan Lebanon terlibat perang pada 2006. Itu dipicu penyergapan oleh Hizbullah di wilayah Israel yang menyebabkan tiga tentara Zionis tewas dan dua orang diculik.

Selama perang, pengeboman Israel menargetkan sasaran Hizbullah menyebabkan kerusakan di banyak wilayah Beirut, terutama di Beirut Selatan yang lebih miskin dan mayoritas Muslim Syiah, yang dikendalikan oleh Hizbullah.

Pada 3 Agustus 2006, Hasan Nasrallah bersumpah untuk menyerang Tel Aviv sebagai pembalasan atas pengeboman Israel di Ibu Kota Lebanon.

“Jika Anda menyerang Beirut, perlawanan Islam akan menghantam Tel Aviv dan mereka mampu melakukannya dengan pertolongan Tuhan,” kata Nasrallah.

6. Menikmati Dukungan Iran

Hizbullah, di bawah kepemimpinan Nasrallah, memiliki hubungan dekat dengan Iran dan menerima dukungan finansial dan militer dari Teheran.

Nasrallah dan anak buahnya bahkan dianggap Israel dan Amerika Serikat sebagai proksi Iran. Namun, para pengamat menilai Hizbullah bukan proksi Iran. Artinya, kelompok tersebut bisa bertindak melawan Israel di luar komando Iran.

7. Hidupnya dalam Bahaya

Nasrallah hidup dalam kondisi berbahaya dan terus-menerus berada di bawah ancaman pembunuhan. Itu karena keterlibatannya dalam Perang Saudara Suriah maupun permusuhannya dengan Israel.

Dia sering menghindari penampilan publik dan berbicara melalui video konferensi untuk menjaga keamanannya.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1559 seconds (0.1#10.140)