Retorika Genosida Gaza Ala Israel, dari Senjata Kiamat hingga Bom Nuklir

Senin, 06 November 2023 - 12:05 WIB
loading...
A A A
Pemerintah Otoritas Palestina mengecam seruan berbahaya Eiliyahu, menyebut komentarnya sebagai cerminan "perang genosida" Israel terhadap Gaza.

Pemimpin oposisi Yair Lapid dan Pemimpin Persatuan Nasional Benny Gantz sama-sama mengecam Eliyahu atas komentarnya yang “mengerikan” dan “tidak bertanggung jawab”, yang kemudian coba ditepis oleh Eliyahu.

“Jelas bagi semua orang yang berakal sehat bahwa pernyataan tentang nuklir hanyalah sebuah metafora,” tulisnya di X.

“Namun, respons yang kuat dan tidak proporsional terhadap terorisme jelas diperlukan, yang akan menjelaskan kepada Nazi dan para pendukungnya bahwa terorisme tidak berguna. Ini adalah satu-satunya formula yang dapat digunakan oleh negara-negara demokratis untuk menangani terorisme. Pada saat yang sama, jelas bahwa Negara Israel berkomitmen untuk melakukan segala kemungkinan untuk memulangkan para sandera dengan selamat," paparnya.

Kekhawatiran bahwa perang antara Israel dan Hamas dapat berkembang menjadi konflik regional yang lebih luas telah kembali meningkatkan momok senjata nuklir—dan “rahasia terburuk” yang dimiliki Israel.

Israel secara luas diyakini memiliki sekitar 80 hingga 90 hulu ledak nuklir berbasis plutonium, dan cukup bahan untuk membuat lebih dari 200 hulu ledak, menjadikannya salah satu dari sembilan negara bersenjata nuklir selain Rusia, Amerika Serikat, China, Prancis, Inggris, Pakistan, India, dan Korea Utara.

Persenjataannya diperkirakan terdiri dari 30 bom gravitasi untuk dikirim melalui pesawat, dan sisa hulu ledak lainnya untuk dikirim melalui rudal.

Senjata Nuklir


Rudal balistik jarak menengah Jericho II dan rudal balistik jarak menengah Jericho III diyakini ditempatkan dengan peluncur bergeraknya di gua-gua di pangkalan militer di timur Yerusalem, menurut Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI).

Menurut Profesor Clive Williams dari ANU’s Centre for Military and Security Law and Strategic and Defence Studies Centre, Jericho II diperkirakan memiliki jangkauan 1.500 hingga 1.800 kilometer, sedangkan Jericho III dapat mencapai lebih dari 4.000 kilometer.

Israel juga mengoperasikan armada sekitar setengah lusin kapal selam diesel-listrik kelas Dolphin dari kota pelabuhan utara Haifa.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1220 seconds (0.1#10.140)