3 Negara yang Menjadi Penentu Pemenang Perang Gaza, Salah Satunya Musuh Bebuyutan Israel

Minggu, 05 November 2023 - 21:38 WIB
loading...
3 Negara yang Menjadi Penentu Pemenang Perang Gaza, Salah Satunya Musuh Bebuyutan Israel
Banyak negara terlibat dalam konflik di Gaza. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Israel melanjutkan aksi daratnya di Jalur Gaza, yang oleh Perdana Menteri Benjamin Netanyahu disebut sebagai “fase kedua”.

Terlepas dari segi semantik, pergerakan yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu cepat yang telah berlangsung selama beberapa ini merupakan sebuah kemajuan dari dua serangan cepat yang dilakukan pada malam hari. Namun bukan invasi habis-habisan.

Tentara menyebutnya sebagai pengintaian. Dalam persiapan untuk menyerang, unit-unit yang lebih kecil menyerang untuk menyelidiki posisi, kekuatan, taktik dan kesiapan operasional musuh mereka. Rencana pertempuran awal kemudian diadaptasi menggunakan pengetahuan yang diperoleh.

Meski begitu, kemajuan Israel di darat terlihat lamban: lebih kecil dan lebih lambat dibandingkan kekuatan besar yang dibanggakan oleh para menteri dan jenderal.

Beberapa pakar mungkin melihatnya sebagai tanda bahwa tentara Israel kekurangan cadangan senjata. Namun hal ini tidak bisa terjadi, karena serangan udara terus berlanjut dan penembakan jarak jauh terhadap Gaza yang tidak mereda selama lebih dari tiga minggu hingga kini, menyebabkan banyak korban jiwa.

Korban dari pihak Hamas tidak diketahui, namun kemungkinan besar rasio korban tewas di Gaza adalah ratusan warga sipil Palestina untuk setiap pejuang Hamas yang terbunuh.

Lambatnya kemajuan Israel mungkin disengaja, untuk memungkinkan dilakukannya diplomasi, pembicaraan rahasia, dan kesepakatan rahasia. Negara-negara tetangganya – Mesir, Yordania, Lebanon dan Suriah – tidak ingin konflik meningkat dan berupaya untuk tidak memperburuk konflik dengan cara apa pun. Qatar memimpin upaya diplomatik untuk pembebasan tawanan Hamas dan untuk menghindari eskalasi lebih lanjut.

Berikut adalah 3 negara yang memiliki posisi kuat dalam menentukan pemenang perang di Gaza.

1. Turki Hanya Bermain Retorika Semata

3 Negara yang Menjadi Penentu Pemenang Perang Gaza, Salah Satunya Musuh Bebuyutan Israel

Foto/Reuters

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dengan tajam mengkritik Israel, menyebutnya sebagai penjajah dalam pidatonya di demonstrasi besar-besaran untuk mendukung Palestina sehari menjelang peringatan 100 tahun Republik Turki.

"Kritik Turki terhadap Israel hampir pasti bersifat politis, namun posisi Iran lebih kompleks, dan apa yang mungkin dilakukannya masih menjadi teka-teki," kata Zoran Kusovac, pakar geopolitik dan keamanan, dilansir Al Jazeera.

2. Iran Bermain di Belakang Layar

3 Negara yang Menjadi Penentu Pemenang Perang Gaza, Salah Satunya Musuh Bebuyutan Israel

Foto/Reuters

Iran adalah musuh bebuyutan Israel. Mereka membentuk, melatih, mengorganisir, mempersenjatai dan terus mendukung serangkaian kelompok bersenjata sub-negara di wilayah tersebut. Kelompok terbesar dan paling terkenal di antara mereka adalah Hizbullah yang berbasis di Lebanon, namun Iran juga hadir melalui proksi di Irak, Suriah, dan Yaman, wilayah di mana konflik berdarah sedang atau sedang terjadi.

Pertanyaan besarnya adalah apakah Iran akan – secara langsung – ikut berperang di Gaza.

"Analisis menunjukkan bahwa Teheran akan mengalami kerugian lebih besar dibandingkan keuntungan yang didapat jika terlibat dalam perang besar. Hanya ada dua cara yang bisa dilakukan Iran untuk melakukan perlawanan terhadap Israel: melalui jalur darat dan balistik," kata Kusovac.

Melalui jalur darat, mereka harus melintasi Irak dan Suriah. Keduanya merupakan sekutu Iran namun keduanya tidak bersedia mengizinkan penggunaan wilayahnya, meskipun tindakan tersebut masuk akal secara militer. Amerika Serikat, yang masih mempertahankan kehadiran keamanan dan memiliki kepentingan di Irak, akan merasa kurang senang. Pemerintah di Damaskus, yang menguasai wilayah yang harus dilalui Iran, mengetahui bahwa kehadiran sementara tentara Iran dapat dengan mudah mengobarkan kembali konflik Suriah.

Perjalanan penuh petualangan melintasi gurun pasir tidak masuk akal secara militer – hal ini berarti melintasi 1.000 km (620 mil) dari Iran ke Israel, di bawah langit di mana AS dan sekutunya memiliki supremasi udara yang tidak perlu dipertanyakan lagi.

Pilihan lain yang bisa diambil Iran adalah meluncurkan persenjataan balistik jarak jauh yang tangguh melawan Israel, yang Iron Dome-nya sudah berjuang untuk melawan rudal-rudal Hamas yang mentah namun mematikan.

"Namun para jenderal Teheran selama beberapa dekade telah mencoba memperkirakan kemungkinan respons terhadap penggunaan rudal mereka – dan tampaknya, mereka menyimpulkan bahwa sebagian besar tindakan tersebut tidak akan menguntungkan Iran," ungkap Kusovac.

Jika ada di antara para pengambil keputusan di Teheran yang berpikir bahwa rudal-rudal mereka dapat mengalahkan pertahanan musuh-musuh mereka, maka hal ini menjadi kenyataan pada tanggal 19 Oktober, ketika sebuah kapal perusak Angkatan Laut AS yang dikerahkan di Laut Merah mencegat dan menembak jatuh tidak kurang dari empat rudal jelajah yang diluncurkan. melawan Israel dari Yaman oleh pejuang Houthi yang didukung Iran. USS Carney juga menjatuhkan 14 drone. Tidak diketahui apakah Houthi secara independen memutuskan untuk menyerang Israel, atau apakah mempunyai suara dalam hal ini, namun nasib misil-misil tersebut merupakan pesan bagi keduanya.

3. Amerika Serikat Selalu Mendukung Israel

3 Negara yang Menjadi Penentu Pemenang Perang Gaza, Salah Satunya Musuh Bebuyutan Israel

Foto/Reuters

Angkatan Laut AS menunjukkan tingkat keberhasilan 100 persen terhadap rudal yang sedang dalam perjalanan; di Israel, Iron Dome diyakini secara konsisten mencegat lebih dari 90 persen proyektil yang masuk. Menghadapi hal ini, masuk akal secara militer jika Iran meneruskan perang rudal.

Jadi bagaimana situasi ini akan berkembang? "Meskipun sulit dan berisiko untuk membuat klaim yang berani, saya pikir AS punya alasan untuk percaya bahwa tidak ada aktor negara yang akan bergabung dalam pertempuran di Gaza. Kecuali jika ada peningkatan kekuatan besar-besaran atau tindakan pengusiran total warga Palestina dari Jalur Gaza," jelas Kusovac.

Oleh karena itu, “perang” yang terbatas secara geografis saat ini tidak boleh berubah menjadi konflik regional yang lebih luas, sebuah pesan yang akan disampaikan dengan jelas kepada semua negara melalui saluran diplomatik dan perantara yang memiliki kontak dengan kedua belah pihak. Presiden AS Joe Biden telah menegaskan kembali dukungan Amerika terhadap Israel, tetapi juga membuat beberapa pernyataan yang meminta deeskalasi dan agar pembicaraan pembebasan sandera diberi kesempatan. Namun jika ada pembicaraan, bukankah setidaknya beberapa peserta akan mencoba membawa pembicaraan lebih jauh?

Alasan sebenarnya atas pengerahan pasukan AS dalam jumlah yang belum pernah terjadi sebelumnya di kawasan ini – dengan kelompok tempur kapal induk di Mediterania dan satu lagi di Teluk serta penguatan aset pengintaian, pengawasan dan intelijen elektronik serta kekuatan darat dalam jumlah kecil – adalah untuk mencegah tindakan bodoh apa pun yang dilakukan oleh jenderal nakal atau kelompok bersenjata non-negara seperti Hizbullah.

Agar rencana ini mempunyai peluang, setiap jalan untuk meredakan konflik harus dijajaki – termasuk meminta sekutu AS, Israel, untuk memperlambat laju konflik di dalam negeri, namun tetap memberikan waktu untuk negosiasi yang mungkin menjamin pembebasan sebagian atau seluruh sandera.

"Berapa pun jumlah dan jangka waktu yang terlibat, ini akan menjadi langkah yang menggembirakan," tutur Kusovac.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0969 seconds (0.1#10.140)