7 Alasan Rusia dan Hamas Semakin Dekat, dari Ikatan Sejarah hingga Melawan Dominasi AS

Minggu, 05 November 2023 - 17:24 WIB
loading...
A A A
"Perlu juga diingat bahwa Rusia telah menghabiskan dua dekade terakhir membangun hubungan dengan Israel, berusaha untuk tetap menjaga hubungan baik meskipun Rusia juga terlibat dengan musuh bebuyutan negara tersebut di Teheran, Damaskus, dan Gaza," ujar Czerny dan Storyev.

7. Membuka Kran Isolasi Rusia

7 Alasan Rusia dan Hamas Semakin Dekat, dari Ikatan Sejarah hingga Melawan Dominasi AS

Foto/Reuters

Di tengah isolasi internasional terhadap Rusia setelah invasinya ke Ukraina, Israel menahan diri untuk tidak memberikan sanksi kepada Moskow atau mempersenjatai Kyiv. Mengingat hal ini, Kremlin berupaya keras untuk tidak mengasingkan Israel, apalagi memutuskan hubungan kedua negara.

"Oleh karena itu, meskipun Rusia mungkin semakin dekat dengan Hamas secara simbolis, tidak ada alasan untuk berharap bahwa Rusia akan meningkatkan bantuan materialnya kepada kelompok tersebut—yang buktinya hanya sedikit. Kemungkinan besar, tawaran ini hanya sebatas retorika," papar Czerny dan Storyev.

Kenyataannya, bagi Moskow, krisis di Timur Tengah adalah peluang untuk menjadikan kawasan ini dan negara-negara Selatan sebagai mitra diplomatik: sebuah upaya yang tidak akan menghasilkan apa-apa jika menciptakan kekacauan lebih lanjut di sebagian negara. Kremlin menganggap dunia ini penting secara strategis dan mereka percaya bahwa mereka sangat terekspos.

(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0992 seconds (0.1#10.140)