5 Strategi Hamas Menjebak Tentara Israel, Salah Satunya Menyiapkan Perang Jangka Panjang

Sabtu, 04 November 2023 - 20:20 WIB
loading...
5 Strategi Hamas Menjebak Tentara Israel, Salah Satunya Menyiapkan Perang Jangka Panjang
Hamas menyiapkan jebakan maut bagi tentara Israel dalam invasi darat ke Gaza. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Hamas telah bersiap menghadapi perang yang panjang dan berlarut-larut di Jalur Gaza dan yakin mereka dapat menahan kemajuan Israel cukup lama untuk memaksa musuh bebuyutannya menyetujui gencatan senjata.

Hamas, yang menguasai Gaza, telah menimbun senjata, rudal, makanan dan pasokan medis, menurut sumber Reuters, yang menolak disebutkan namanya karena sensitifnya situasi. Kelompok tersebut yakin ribuan pejuangnya dapat bertahan selama berbulan-bulan di kota yang memiliki terowongan yang dibuat jauh di bawah wilayah kantong Palestina dan membuat pasukan Israel frustrasi dengan taktik gerilya perkotaan.

Pada akhirnya, Hamas yakin tekanan internasional kepada Israel untuk mengakhiri pengepungan tersebut, ketika jumlah korban sipil meningkat, dapat memaksa dilakukannya gencatan senjata dan penyelesaian yang dinegosiasikan yang akan membuat kelompok pejuang tersebut muncul dengan konsesi nyata seperti pembebasan ribuan tahanan Palestina sebagai ganti tahanan Israel. sandera.

Kelompok tersebut telah menjelaskan kepada AS dan Israel melalui negosiasi penyanderaan tidak langsung yang dimediasi Qatar bahwa mereka ingin memaksakan pembebasan tahanan dengan imbalan sandera..

Dalam jangka panjang, Hamas mengatakan mereka ingin mengakhiri blokade Israel selama 17 tahun di Gaza, serta menghentikan perluasan permukiman Israel dan apa yang dianggap warga Palestina sebagai tindakan keras pasukan keamanan Israel di masjid al-Aqsa, masjid paling suci bagi umat Islam. kuil di Yerusalem.


Berikut adalah 5 strategi Hamas dalam menjebak tentara Israel dalam invasi darat mereka.

1. Menyiapkan Perang Jangka Panjang

5 Strategi Hamas Menjebak Tentara Israel, Salah Satunya Menyiapkan Perang Jangka Panjang

Foto/Reuters

Melansir Reuters, Adeeb Ziadeh, pakar Palestina dalam urusan internasional di Universitas Qatar yang mempelajari Hamas, mengatakan kelompok itu pasti memiliki rencana jangka panjang untuk menindaklanjuti serangannya terhadap Israel.

“Mereka yang melakukan serangan 7 Oktober dengan tingkat kemahiran, tingkat keahlian, ketepatan dan intensitas seperti ini, pasti sudah mempersiapkan diri untuk pertempuran jangka panjang. Hamas tidak mungkin melakukan serangan seperti itu tanpa persiapan yang matang. dan dimobilisasi untuk mencapai hasil tersebut,” kata Ziadeh kepada Reuters.

2. Menyiapkan Pertempuran Jalanan

5 Strategi Hamas Menjebak Tentara Israel, Salah Satunya Menyiapkan Perang Jangka Panjang

Foto/Reuters

Washington memperkirakan Hamas akan berusaha menghambat pasukan Israel dalam pertempuran jalanan di Gaza dan menimbulkan korban militer yang cukup besar serta dukungan publik Israel terhadap konflik yang berkepanjangan, kata sumber yang mengetahui pemikiran Gedung Putih, yang meminta untuk melakukan hal tersebut. tetap anonim untuk berbicara dengan bebas.

Meskipun demikian, para pejabat Israel telah menekankan kepada rekan-rekan Amerika mereka bahwa mereka siap menghadapi taktik gerilya Hamas serta menahan kritik internasional atas serangan mereka, menurut sumber tersebut. Apakah negara tersebut memiliki kemampuan melenyapkan Hamas atau sekadar melemahkan organisasi tersebut masih menjadi pertanyaan terbuka, sumber itu menambahkan.

3. Menyiapkan 40.000 Pejuang dan Bergerilya di Terowongan Sedalam 80 Meter

5 Strategi Hamas Menjebak Tentara Israel, Salah Satunya Menyiapkan Perang Jangka Panjang

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0942 seconds (0.1#10.140)