3 Negara Pemasok Senjata Hizbullah, Kelompok Lebanon yang di Ambang Perang dengan Israel

Jum'at, 03 November 2023 - 22:30 WIB
loading...
3 Negara Pemasok Senjata Hizbullah, Kelompok Lebanon yang di Ambang Perang dengan Israel
Ada 3 negara yang dikenal sebagai pemasok senjata Hizbullah Lebanon. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Hizbullah, kelompok militer dan politik yang berbasis di Lebanon, telah memperoleh dukungan senjata dan dukungan dari beberapa negara dan pihak yang berbeda dalam sejarahnya.

Kelompok tersebut sedang di ambang perang dengan Israel ketika militer Zionis sedang sibuk perang besar melawan Hamas di Gaza, Palestina.

Hizbullah dan Israel telah saling serang dalam beberapa kali kesempatan, namun kelompok Lebanon itu belum secara resmi mengumumkan membuka front baru dalam perang melawan Israel.

Zionis Israel menganggap Hizbullah jauh lebih kuat dari Hamas. Selain senjata yang lebih kuat, kelompok tersebut memiliki pasukan yang jauh lebih banyak dibanding pasukan Hamas.



3 Negara yang Dikenal sebagai Pemasok Senjata Hizbullah

1. Iran

Iran dianggap sebagai pemasok utama senjata dan dukungan finansial bagi Hizbullah.

Hubungan erat keduanya telah terjalin selama beberapa dekade, dan Iran dikenal mendukung Hizbullah dengan senjata, pelatihan militer, dan bantuan finansial.

Tentu, Iran tidak pernah mengonfirmasi bantuan senjata untuk Hizbullah. Namun roket ataupun misil yang digunakan kelompok Lebanon ini serupa dengan yang diproduksi Teheran.

2. Suriah

Selama beberapa waktu, Suriah, yang berbatasan dengan Lebanon, memberikan dukungan kepada Hizbullah, termasuk dalam penyediaan senjata dan akses ke jalur pasokan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1120 seconds (0.1#10.140)