Ini Tantangan Terbesar dalam Invasi Darat Israel ke Gaza, Kenapa?

Jum'at, 03 November 2023 - 04:40 WIB
loading...
Ini Tantangan Terbesar dalam Invasi Darat Israel ke Gaza, Kenapa?
Terowongan Hamas menjadi tantangan terbesar dalam invasi darat ke Gaza. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Juru bicara Pasukan Pertahanan Israel (IDF) Laksamana Muda Daniel Hagari secara teratur mengingatkan Israel bahwa perang melawan Hamas di Gaza dilakukan dari “udara, laut dan darat,” namun ia melewatkan satu arena penting.

Hal ini kemungkinan akan menjadi fokus ketika Israel mengirim pasukannya lebih jauh ke wilayah kantong Palestina: jaringan terowongan bawah tanah yang luas yang dibangun oleh Hamas.

Melansir Fox News, menurut mereka yang memantau secara dekat kelompok teror yang didukung Iran, serta pengakuan para pemimpinnya sendiri. Hamas telah membangun sistem bawah tanah sepanjang sekitar 300 mil yang berada di bawah rumah-rumah warga sipil, sekolah dan rumah sakit di daerah perkotaan Jalur Gaza.

Dan selama tiga minggu terakhir – sejak pasukannya melakukan serangan teroris besar-besaran dan brutal di wilayah Israel pada 7 Oktober – kepemimpinan Hamas, baik politik maupun militer, telah bersembunyi dengan aman di sana ketika jet tempur Israel menggempur wilayah tersebut dari atas.

Sementara itu, inilah inti dari melawan musuh yang bersembunyi di labirin terowongan — Anda tentu tidak ingin mengirim pasukan ke sana.

"Tempatnya sangat gelap, penuh sesak, dan sempit. Dan Anda langsung kehilangan arah. Anda benar-benar kehilangan kesadaran akan waktu," kata Daphne Richemond-Barak, seorang analis militer Israel dan penulis Underground Warfare, dilansir NPR. Militer Israel telah membawanya ke terowongan Hamas yang melintasi dari Gaza ke Israel selatan.

“Mereka lembab dan menyesakkan. Jadi ketika Anda berjalan di dalamnya, Anda pasti akan mengalami disorientasi, tapi juga sangat takut,” tambahnya.

Hamas mengklaim memiliki terowongan sepanjang 300 mil di Gaza, sebuah kompleks bawah tanah yang secara efektif berfungsi sebagai kompleks militer serba guna. Menurut Israel, ruang bawah tanah tersebut mencakup markas militer, tempat tidur, serta bengkel pembuatan dan penyimpanan roket.



Militer Israel memiliki daya tembak yang luar biasa dibandingkan Hamas. Namun jalur bawah tanah kelompok tersebut melintasi Gaza dan dirancang untuk memungkinkan pejuang Hamas dengan cepat muncul ke permukaan dan menyerang pasukan Israel tanpa peringatan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1546 seconds (0.1#10.140)