6 Fakta Otoritas Palestina, dari Boneka Israel dan Musuh Bebuyutan Hamas

Kamis, 02 November 2023 - 04:04 WIB
loading...
A A A
Setahun kemudian, PA kehilangan kekuasaannya setelah Hamas memenangkan pemilihan parlemen, mengambil kendali atas Jalur Gaza setelah perang saudara yang singkat. Hamas, yang menolak mengakui negara Israel, telah berkampanye dengan platform antikorupsi dan anti-Barat.

4. Musuh Bebuyutan Hamas

6 Fakta Otoritas Palestina, dari Boneka Israel dan Musuh Bebuyutan Hamas

Foto/Reuters

Saat ini, perpecahan politik dan teritorial antara partai Fatah pimpinan Abbas dan Hamas, yang masing-masing berkuasa di Tepi Barat dan Gaza, semakin mengakar.

Kedua wilayah tersebut telah berkembang menjadi entitas yang sangat berbeda, PA Fatah mendapat pengakuan dan dukungan internasional, sementara Gaza di bawah Hamas, ditetapkan sebagai teroris oleh kelompok teroris.

Upaya pada tahun 2014 untuk membentuk Pemerintahan Kesepakatan Nasional yang menyatukan kedua kelompok tersebut gagal. Tiga tahun kemudian, kesepakatan rekonsiliasi yang mungkin membuat Hamas menyerahkan kendali administratif atas Gaza terhambat oleh perselisihan mengenai perlucutan senjata. Pada tahun 2022, delegasi dari 14 faksi Palestina berkumpul di Aljir untuk menandatangani perjanjian rekonsiliasi baru, dengan rencana untuk mengadakan pemilihan parlemen pada akhir tahun 2023 – ini akan menjadi pemilihan umum pertama dalam 17 tahun.

5. Hanya Jadi Boneka Israel

6 Fakta Otoritas Palestina, dari Boneka Israel dan Musuh Bebuyutan Hamas

Foto/Reuters

Secara lahiriah, Otoritas Palestina mempunyai semua peran sebagai negara, dengan kementerian dan layanan sipil, namun Israel memegang kekuasaan yang sebenarnya, memanfaatkan pendapatan pajak, dan mengendalikan akses ke wilayah yang semakin menyusut – sebuah status quo yang sering dibandingkan dengan Bantustan. Afrika Selatan era apartheid.

Israel sering kali melewati PA, dengan menyerang daerah-daerah yang seharusnya berada di bawah kendali PA, seperti kamp pengungsi Jenin, yang digerebek tiga kali oleh tentara Israel tahun ini – 20 warga Palestina tewas dalam serangan kekerasan tersebut sebelum pertempuran antara Hamas dan Israel pecah. keluar pada hari Sabtu. Pihak berwenang Israel juga memberlakukan pembatasan yang mustahil terhadap semua aspek kehidupan warga Palestina, termasuk di mana mereka dapat bepergian, tinggal, dan membangun.

PA secara aktif membantu Israel untuk mempertahankan kontrol ketat terhadap penduduk Palestina. Banyak yang menganggap badan tersebut sebagai alat aparat keamanan Israel, pasukannya yang dilatih AS tidak hanya menargetkan mereka yang dicurigai merencanakan serangan terhadap warga Israel, namun juga menangkap tokoh serikat pekerja, jurnalis, dan kritikus di media sosial.

Namun, setelah serangan di Jenin pada bulan Juli, badan tersebut mengumumkan akan menghentikan kerja sama keamanan dengan Israel. Upaya-upaya sebelumnya untuk menghentikan kerja sama cenderung tidak bertahan lama. Pada bulan Mei 2020, sebagai tanggapan terhadap deklarasi Israel bahwa mereka akan mencaplok sebagian besar Tepi Barat, Otoritas Palestina menghentikan hubungan dengan pasukan Israel selama enam bulan.

6. Bukan Representasi Rakyat Palestina

6 Fakta Otoritas Palestina, dari Boneka Israel dan Musuh Bebuyutan Hamas

Foto/Reuters

Meskipun PA mempekerjakan dan membayar gaji puluhan ribu pegawai negeri sipil yang semakin berkurang, PA tidak mendapatkan dukungan dari mereka. Dalam jajak pendapat yang dilakukan oleh Pusat Penelitian Kebijakan dan Survei Palestina pada bulan Maret, 63 persen responden di Tepi Barat dan Gaza memandang Otoritas Palestina sebagai beban bagi rakyat Palestina.

Banyak yang kini memandang pemerintahan Abbas sebagai pemerintahan yang otoriter, didukung oleh negara-negara seperti Uni Eropa dan negara-negara donor lainnya yang telah mengeluarkan miliaran dolar untuk menjaga agar kapalnya yang tenggelam tetap bertahan. Pemerintahannya dipandang sangat korup – para petinggi Otoritas Palestina menikmati status dan gaya hidup VIP, dengan hak istimewa perjalanan yang tidak diberikan kepada masyarakat lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1496 seconds (0.1#10.140)