Konflik Geopolitik Meningkat, India Berpotensi Gantikan China sebagai Pusat Manufaktur

Rabu, 01 November 2023 - 14:35 WIB
loading...
Konflik Geopolitik Meningkat, India Berpotensi Gantikan China sebagai Pusat Manufaktur
India berpotensi besar menggantikan China sebagai pusat manufaktur. Foto/REUTERS
A A A
BEIJING - Setelah pandemi Covid-19 dan di tengah meningkatnya konflik geopolitik, perkembangan India sebagai Pusat Manufaktur Global telah memperoleh momentum besar.

Dipicu oleh kombinasi inisiatif strategis yang dilakukan pemerintah dan faktor-faktor kondusif seperti angkatan kerja yang berlimpah dan ide-ide inovatif dari populasi muda yang terus bertambah, negara ini memposisikan dirinya sebagai alternatif tangguh dibandingkan tetangganya di sebelah timur, China.

Pemerintah India telah lama berkomitmen menciptakan lingkungan kondusif bagi pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi dan berkelanjutan serta menarik sejumlah besar investasi asing. Upaya untuk semakin meningkatkan kemudahan usaha juga semakin intensif dalam beberapa tahun terakhir.

Mengutip dari Asian Lite, Rabu (1/11/2023), salah satu indikator paling menarik mengenai potensi India terletak pada ketahanan ekonominya yang kuat.



Di era pascapandemi, India telah menunjukkan pertumbuhan yang konsisten, melampaui 7 persen per tahun dalam dua tahun keuangan terakhir 2021-22 dan 2022-23 dan antisipasi terhadap tahun keuangan saat ini juga tinggi.

Target ambisius pemerintah India untuk menjadi negara dengan perekonomian terbesar ketiga pada 2027-2028 telah menarik perhatian luas, dan para ahli semakin optimistis mengenai kelayakannya.

Baru-baru ini, pada Oktober 2023, menurut S&P Global, India siap menjadi negara dengan perekonomian terbesar ketiga di dunia pada 2030—melampaui kekuatan ekonomi seperti Jerman dan Jepang.

Proyeksi menunjukkan bahwa Produk Domestik Bruto nominal India—yang saat ini berjumlah 3,5 triliun dolar AS—akan melonjak hingga mencapai 7,3 triliun dolar AS pada 2030, bahkan melampaui perekonomian Jepang, dan memperkuat posisi India sebagai negara dengan perekonomian terbesar kedua di kawasan Asia-Pasifik.

Menurut laporan IMF baru-baru ini, tingkat pertumbuhan PDB India berdasarkan tahun kalender diproyeksikan sebesar 6,3 persen pada 2024, 6,3 persen pada 2025, 6,3 persen pada 2026, dan 6,3 persen pada 2027.

Itu jauh lebih tinggi dibandingkan tingkat pertumbuhan PDB China sebesar 4,1 persen di tahun 2024, 4,1 persen pada 2025, 4,0 persen pada 2026, dan 3,6 persen pada 2027.

Konvergensi berbagai faktor telah memfasilitasi kemunculan India sebagai kekuatan manufaktur dominan, sehingga menghadirkan peluang menarik bagi investor dan dunia usaha internasional untuk mengeksplorasi cakrawala baru.

Faktor terpenting di antara faktor-faktor ini adalah berkembangnya basis konsumen di India, yang merupakan yang terbesar di dunia. Pertumbuhan kelas menengah yang pesat telah mengubah negara ini menjadi pasar barang dan jasa yang berkembang pesat.

Sebagai konsumen telepon seluler terbesar kedua dan importir senjata terbesar, India menawarkan lanskap menjanjikan bagi dunia usaha yang mempertimbangkan perubahan dalam operasi mereka. India telah menjadi negara produsen ponsel terbesar kedua, dengan pengiriman kumulatif ponsel produksi lokal mencapai dua miliar selama periode 2014-2022.

Skill India


Dengan mengadopsi kebijakan pemerintah yang mantap dan kontribusi luar biasa dari industri pertahanan India, India telah mencapai prestasi besar dalam ekspor pertahanan.

Pada Tahun Keuangan 2022-2023, ekspor telah mencapai titik tertinggi sepanjang masa sekitar Rs 16,000 crore. Terdapat peningkatan lebih dari sepuluh kali lipat dalam ekspor pertahanan sejak tahun 2016-2017.

Penyesuaian kebijakan proaktif yang dilakukan pemerintah India telah membuka sektor-sektor utama bagi investasi, menstimulasi penciptaan lapangan kerja, dan merevitalisasi infrastruktur negara.

Pemerintah telah secara proaktif melakukan inisiatif untuk menarik investasi asing, yang contohnya adalah kampanye “Make in India” yang diluncurkan pada 2014.

Program ambisius ini bertujuan untuk menciptakan 100 juta lapangan kerja, menekankan komitmen negara untuk menciptakan lingkungan kondusif bagi pertumbuhan dunia usaha.

Langkah-langkah seperti pengurangan tarif pajak perusahaan, peningkatan kemudahan usaha, dan reformasi progresif dalam kebijakan Penanaman Modal Asing (FDI) semakin memperkuat daya tarik India sebagai tujuan investasi.

Inisiatif seperti “Skill India” berfokus pada memanfaatkan potensi populasi muda di negara ini, di mana hampir 65 persen penduduk India berusia di bawah 35 tahun.

Inisiatif ini bertujuan untuk membekali dividen demografi ini dengan keterampilan yang diperlukan, sehingga menjamin terciptanya angkatan kerja terampil dan hemat biaya, dengan biaya tenaga kerja yang jauh lebih rendah dibandingkan di China.

Inisiatif di segmen infrastruktur seperti NIP (National Infrastructure Pipeline) dan Gati-Shakti menciptakan peluang kerja bagi tenaga kerja terampil yang tidak terampil dan semi-terampil di sektor pembangunan infrastruktur dan konstruksi.

Dengan teridentifikasinya lebih dari 7.600 proyek infrastruktur utama di bawah National Infrastructure Pipeline, yang bernilai sekitar USD1,5 triliun, India siap merombak kerangka logistiknya, sehingga meningkatkan kemampuan manufakturnya. CAPEX Pemerintah juga telah mencapai Rs10 lakh crore untuk tahun keuangan berjalan 2023-2024.

Lompatan mengesankan India ke posisi ke-63 dalam peringkat Kemudahan Berbisnis di antara 190 negara menggarisbawahi upaya bersama yang dilakukan pemerintah untuk menyederhanakan prosedur peraturan dan mengurangi hambatan birokrasi. Langkah-langkah pendukung seperti skema Production Linked Incentive (PLI) telah semakin memperkuat sektor manufaktur.

Skema PLI untuk perangkat elektronik skala besar telah muncul sebagai skema yang paling sukses sekaligus menciptakan lapangan kerja dan menghasilkan peningkatan ekspor ponsel pintar yang signifikan.

India telah menyaksikan masuknya investasi asing langsung (FDI) dalam jumlah besar, dengan jumlah penerimaan sebesar USD230 miliar selama tiga tahun keuangan terakhir.

Antisipasinya adalah bahwa negara ini akan menjadi tujuan FDI sebesar USD100 miliar dalam 2-3 tahun ke depan. Untuk meningkatkan kemudahan berbisnis, lebih dari 40.000 kepatuhan telah dikurangi.

Di sisi ekspor, terjadi peningkatan ekspor India sebesar 15 persen hingga mencapai rekor USD770 miliar selama tahun fiskal 2022-2023 dari USD670 miliar pada 2021-2022. Terdapat peningkatan lebih dari 100 persen pada ekspor India dari USD375 miliar pada 2010-2011.

India bertujuan untuk mencapai ekspor barang dan jasa masing-masing sebesar USD1 triliun pada tahun 2030.

Menurut laporan IMF baru-baru ini, pertumbuhan ekspor India diproyeksikan sebesar 4,7 persen pada tahun 2024, 4,3 persen pada 2025, 4,3 persen pada 2026, dan 4,4 persen pada 2027, jauh lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan ekspor China sebesar 1,0 persen pada 2024, 3 persen pada 2025, 3 persen pada 2026, dan 3 persen pada 2027.

Masa Depan India


Fokus Pemerintah India saat ini adalah mengurangi biaya menjalankan bisnis; dan menjadikan proses manufaktur semakin kompetitif sehingga akan menghasilkan skala ekonomi yang besar, peningkatan volume, dan peningkatan ekspor.

Fokus pada pengembangan proyek saluran air dan pelabuhan, dengan perkiraan investasi sekitar Rs 6 lakh crores, direncanakan untuk mengurangi biaya logistik secara signifikan, sehingga menjadikan manufaktur India lebih hemat biaya.

Dengan menekankan potensi jalur perairan yang belum dimanfaatkan untuk perdagangan, India berupaya meningkatkan penggunaannya, mengingat saat ini India hanya melakukan 3,5 persen perdagangan melalui jalur perairan, jauh lebih rendah dibandingkan negara-negara maju lainnya.

Untuk mempertahankan tren pertumbuhan yang meningkat dan memperkuat statusnya sebagai pusat manufaktur global, India secara aktif menargetkan pasar-pasar penting untuk hubungan perdagangan yang saling menguntungkan.

Bersamaan dengan mitra dagang penting seperti Amerika Serikat, Inggris, Jepang, dan Rusia, India juga mengintensifkan hubungan perdagangannya dengan Arab Saudi dan Uni Emirat Arab.

India baru-baru ini menandatangani Perjanjian Perdagangan Bebas (FTA) dengan Uni Emirat Arab dan Australia, serta secara aktif mengupayakan FTA dengan Inggris dan Uni Eropa.

Ke depan, India bertujuan mengkonsolidasikan kehadirannya di sektor-sektor seperti layanan digital, TI dan ITES, barang konsumsi, pengolahan makanan, dan produk gaya hidup, dengan memanfaatkan kekayaan warisan budaya dan tenaga kerja terampil. Pada saat yang sama, negara ini berupaya memperluas jangkauannya di sektor-sektor mapan seperti otomotif, elektronik, dan peralatan medis, sehingga semakin memperkuat kekuatan industrinya.

Ketika India memulai perjalanan transformatif ini, manfaat yang diperoleh diharapkan tidak hanya berupa keuntungan ekonomi. Lonjakan kesempatan kerja, peningkatan pertumbuhan PDB, dan peningkatan pendapatan per kapita siap memicu kebangkitan sosial, memperkuat akses terhadap pendidikan dan layanan kesehatan yang unggul bagi 1,4 miliar warga India.

Merangkul gelombang transformasi yang belum pernah terjadi sebelumnya ini, India siap untuk mendefinisikan kembali lanskap ekonominya, memetakan jalur menuju kemakmuran dan pertumbuhan berkelanjutan. Ketika India menapaki wilayah yang belum dipetakan, negara ini tetap teguh dalam mengejar masa depan yang ditandai dengan kemajuan, kemakmuran, dan ketahanan.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1690 seconds (0.1#10.140)