Mengenal Two State Solution, Solusi Dua Negara yang Akan Ciptakan Perdamaian Palestina dan Israel

Rabu, 01 November 2023 - 11:50 WIB
loading...
A A A
Rencana ini diterima oleh Komunitas Internasional, tetapi ditolak oleh sebagian besar negara-negara Arab, yang menganggapnya tidak adil.

Rencana pembagian tersebut ditolak oleh komunitas Arab, antara lain karena kekhawatiran mengenai seberapa luas lahan dan akses terhadap sumber daya yang akan mereka peroleh.

Namun rencana tersebut diterima oleh komunitas Yahudi sebagai pembenaran hukum bagi pendirian Israel. Hingga akhirnya Israel mendeklarasikan kemerdekaan negaranya pada Mei 1948.

Titik balik besar lainnya terjadi pada tahun 1967, dengan kemenangan telak Israel dalam Perang Enam Hari melawan Mesir, Suriah dan Yordania.

Israel memperoleh wilayah empat kali lipat dari ukuran aslinya, mengambil kendali atas Semenanjung Sinai, Dataran Tinggi Golan, Tepi Barat, Jalur Gaza dan Yerusalem Timur.

Pada tahun 1993, terjadi persetujuan antara pemerintah Israel dan Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) dalam rangka menerapkan konsep solusi dua negara, sebagai bagian dari Perjanjian Oslo. Kesepakatan tersebut kemudian membawa pada pembentukan Otoritas Palestina (PA).

Two-State Solution tetap menjadi salah satu opsi terbaik untuk mengakhiri konflik Israel-Palestina, meskipun implementasinya sangat sulit.

Untuk mencapai perdamaian yang berkelanjutan, kedua belah pihak harus bersedia untuk bernegosiasi, mengatasi perbedaan mereka, dan mencari solusi yang adil dan berkelanjutan.

Selain itu, dukungan dari komunitas internasional juga diperlukan untuk mendukung proses perdamaian ini. Solusi ini mungkin tidak akan memuaskan semua pihak sepenuhnya, tetapi dapat menjadi langkah positif menuju perdamaian dan stabilitas di Timur Tengah.

Demikian ulasan mengenai Two States solution yang bisa menjadi akar mula berakhirnya konflik Palestina dan Israel, semoga informasi ini dapat bermanfaat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0556 seconds (0.1#10.140)