PM Inggris kepada Trump: Spekulasi Tidak Membantu

Jum'at, 15 September 2017 - 23:52 WIB
PM Inggris kepada Trump: Spekulasi Tidak Membantu
PM Inggris kepada Trump: Spekulasi Tidak Membantu
A A A
LONDON - Perdana Menteri Inggris Theresa May mengatakan tidak ada gunanya bagi siapa pun untuk berspekulasi mengenai penyelidikan. Hal itu dikatakan pasca Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump men-tweet bahwa pelaku kejahatan di balik pemboman kereta telah dikantongi polisi.

Segera setelah 22 orang terluka dalam serangan di kereta bawah tanah yang sibuk di London barat, Trump mentweet: "Serangan lain di London oleh seorang pecundang teroris. Ini adalah orang-orang sakit dan gila yang berada dalam pengawasan Scotland Yard. Harus proaktif!"

Baca Juga: Trump: Serangan London Dilakukan Oleh Pengecut

"Saya tidak pernah berpikir ada gunanya bagi siapa pun untuk berspekulasi mengenai investigasi yang sedang berlangsung," kata May ketika ditanya apakah Trump tahu sesuatu yang tidak dimiliki oleh Inggris seperti dilansir dari Reuters, Jumat (15/9/2017).

Sementara salah satu mantan kepala staf May, Nick Timothy, mengatakan bahwa komentar Trump sangat tidak membantu dari pemimpin sekutu dan mitra intelijen Inggris.

Inggris dan AS telah lama membanggakan tentang "hubungan khusus" mereka. Hubungan ini menegang pada awal tahun ini ketika AS membocorkan informasi mengenai penyelidikan terhadap seorang pembom yang membunuh 22 orang di sebuah konser pop Manchester.

Pejabat senior pemerintah AS sendiri meragukan apakah Trump mengetahui informasi mengenai apakah pembom di London barat itu diketahui atau tidak.

Pejabat tersebut mengatakan bahwa pada saat ini, intelijen AS tidak memiliki informasi untuk mendukung pernyataan Trump bahwa Inggris memiliki peringatan atau intelijen khusus mengenai serangan tersebut.

Beberapa jam setelah tweet Trump, Sky News mengutip sumber keamanan yang mengatakan bahwa mereka telah mengidentifikasi tersangka dalam serangan tersebut, dengan bantuan rekaman pengawasan.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4630 seconds (0.1#10.140)