4 Akar Permasalahan Perang Israel-Hamas di Gaza, Salah Satunya Terlalu Banyak Negara yang Terlibat

Selasa, 31 Oktober 2023 - 18:45 WIB
loading...
4 Akar Permasalahan Perang Israel-Hamas di Gaza, Salah Satunya Terlalu Banyak Negara yang Terlibat
Perang Gaza memiliki akar permasalahan yang kompleks. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Perang antara Israel dan pejuang Hamas yang menyerbu kota-kota Israel dan kibbutze dari Jalur Gaza pada 7 Oktober, menjadi konflik terbaru dalam tujuh dekade konflik antara Israel dan Palestina yang telah mengguncang Timur Tengah secara lebih luas.

Dalam amukan Hamas, sekitar 1.400 warga Israel, sebagian besar warga sipil, terbunuh dan 229 orang disandera.

Sebagai tanggapan, Israel melancarkan serangan udara sebelum pasukan dan tank dikerahkan ke Gaza dalam serangan darat, semuanya dengan tujuan untuk memusnahkan kelompok militan Islam tersebut.

Otoritas medis di Gaza yang dikuasai Hamas mengatakan pada hari Senin bahwa 8.306 orang – termasuk 3.457 anak di bawah umur – telah tewas di daerah kantong tersebut.

Berikut adalah 4 akar permasalahan perang Hamas-Israel.

1. Berawal dari Konflik Arab Melawan Israel

4 Akar Permasalahan Perang Israel-Hamas di Gaza, Salah Satunya Terlalu Banyak Negara yang Terlibat

Foto/Reuters

Konflik ini mempertemukan tuntutan Israel akan keamanan di Timur Tengah yang sejak lama dianggap bermusuhan dengan aspirasi Palestina untuk mempunyai negara sendiri. Hamas menolak solusi dua negara dan bersumpah akan menghancurkan Israel.

Pada tanggal 29 November 1947, Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa menyetujui rencana untuk membagi Palestina menjadi negara-negara Arab dan Yahudi dan untuk pemerintahan internasional atas Yerusalem. Para pemimpin Yahudi menerima rencana pemberian 56 persen tanah Palestina kepada mereka. Liga Arab menolak usulan tersebut.

Bapak pendiri Israel, David Ben-Gurion, memproklamirkan negara Israel modern pada tanggal 14 Mei 1948, membangun tempat berlindung yang aman bagi orang-orang Yahudi yang melarikan diri dari penganiayaan dan mencari rumah nasional di tanah yang menurut mereka memiliki ikatan yang erat dengan zaman kuno.

Sehari kemudian, pasukan dari lima negara Arab menyerang Israel dan pasukan Israel beroperasi di wilayah yang diusulkan PBB untuk dikuasai Arab.

Warga Palestina menyesalkan penciptaan Israel sebagai Nakba, atau malapetaka, dan menyatakan bahwa hal itu mengakibatkan perampasan massal dan menghalangi impian mereka untuk bernegara. Israel membantah pernyataan bahwa mereka mengusir warga Palestina dari rumah mereka.

Dalam perang yang terjadi setelahnya, sekitar 700.000 warga Palestina, setengah dari populasi Arab di wilayah Palestina yang dikuasai Inggris, melarikan diri atau diusir dari rumah mereka, berakhir di Yordania, Lebanon dan Suriah serta di Gaza, Tepi Barat dan Yerusalem Timur.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2049 seconds (0.1#10.140)