6 Senjata Hizbullah yang Ditakuti Israel, dari Drone hingga Rudal Buatan Rusia

Selasa, 31 Oktober 2023 - 19:19 WIB
loading...
6 Senjata Hizbullah yang Ditakuti Israel, dari Drone hingga Rudal Buatan Rusia
Hizbullah memiliki banyak senjata yang ditakuti Israel. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Pasukan Israel dan Hizbullah Lebanon telah terlibat dalam baku tembak lintas batas yang semakin sengit sejak awal Oktober. Itu merupakan eskalasi terbesar di perbatasan sejak kelompok yang didukung Iran dan Israel berperang pada tahun 2006.

Hizbullah, salah satu kelompok non-negara yang memiliki persenjataan paling canggih di dunia, adalah sekutu Iran yang paling tangguh dalam “Poros Perlawanan”, yang mencakup kelompok Islam Palestina Hamas, milisi Irak, dan lainnya.

Pemimpin Hizbullah Sayyed Hassan Nasrallah mengatakan kelompoknya memiliki 100.000 pejuang.

Berikut adalah 5 fakta senjata Hizbullah yang paling signifikan, berdasarkan pernyataan Hizbullah, sumber keamanan, pakar senjata, dan laporan akademis.

1. 100.000 Roket yang Siap Menghantam Israel

6 Senjata Hizbullah yang Ditakuti Israel, dari Drone hingga Rudal Buatan Rusia

Foto/Reuters

Kekuatan militer Hizbullah didukung oleh persenjataan roket yang luas. Para ahli yakin kelompok Islam Syiah mungkin memiliki lebih dari 100.000 roket saat ini. Hizbullah mengatakan mereka memiliki roket yang dapat menghantam seluruh wilayah Israel.

Banyak dari roket tersebut tidak terarah, namun juga memiliki rudal presisi, drone dan rudal anti-tank, anti-pesawat dan anti-kapal.

Pendukung dan pemasok senjata utama Hizbullah adalah Iran. Para ahli mengatakan Republik Islam mengirim senjata kepada kelompok tersebut melalui jalur darat melalui Irak dan Suriah, keduanya merupakan negara Timur Tengah di mana Iran memiliki hubungan dekat dan pengaruh. Banyak dari senjata kelompok tersebut adalah model Iran, Rusia atau China.


2. 400 Rudal, Mayoritas Buatan Rusia

6 Senjata Hizbullah yang Ditakuti Israel, dari Drone hingga Rudal Buatan Rusia

Foto/Reuters

Roket terarah merupakan bagian terbesar dari persenjataan rudal Hizbullah dalam perang terakhir dengan Israel pada tahun 2006, ketika kelompok tersebut menembakkan sekitar 4.000 rudal ke Israel – sebagian besar adalah rudal gaya Katyusha buatan Rusia dengan jangkauan hingga 30 km

Hizbullah memiliki model Iran, seperti roket Raad (bahasa Arab untuk Guntur), Fajr (Fajar) dan Zilzal (Gempa Bumi), yang memiliki muatan lebih kuat dan jangkauan lebih jauh dibandingkan Katyusha.

Nasrallah mengatakan perubahan terbesar dalam persenjataan kelompok ini sejak tahun 2006 adalah perluasan sistem panduan presisi. Tahun lalu, dia mengatakan Hizbullah memiliki kemampuan di Lebanon untuk melengkapi ribuan roket dengan sistem panduan untuk menjadikannya rudal yang presisi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1012 seconds (0.1#10.140)