alexa snippet

Arkeolog Mesir Temukan Mumi 3.500 Tahun di Makam Luxor

Arkeolog Mesir Temukan Mumi 3.500 Tahun di Makam Luxor
Para arkeolog Mesir menemukan mumi-mumi kuno berumur 3.500 tahun di sebuah makam di Luxor pada Sabtu (9/9/2017). Foto/REUTERS/Mohamed Abd El Ghany
A+ A-
KAIRO - Para arkeolog Mesir menemukan mumi-mumi kuno berumur 3.500 tahun di sebuah makam di Luxor. Makam itu merupakan makam dari pemerintah Firaun dinasti ke-18.

Makam tua tersebut terletak di tepi barat Sungai Nil, tepatnya di Lembah Para Raja. Situs itu dikenal sebagai lokasi pemakaman para bangsawan dan pejabat tinggi pemerintah Kerajaan Mesir Kuno.

Menteri Purbakala Mesir Khaled el-Anany mengatakan bahwa makam tersebut tidak dalam kondisi baik. Menurutnya, mumi-mumi tersebut merupakan mumi pandai emas kerajaan dan keluarganya.

Sosok pandai emas pemilik makam itu diidentifikasi bernama Amenemhat. Dia tokoh di dinasti ke-18 Kerajaan Mesir Kuno yang hidup sekitar tahun 1400 sebelum masehi (SM).

Istrinya, Amenhotep, juga dibaringkan untuk beristirahat di kuburan bersama anak mereka.

Surat kabar Mesir, Ahram, melaporkan bahwa makam tersebut berjarak tujuh meter dan memiliki koleksi mumi, sarkofagus serta masker penguburan yang diukir. Di dalam makam juga ditemukan berbagai koleksi patung.

Anani menduga, makam kuno itu dipakai ulang karena sarkofagus dari dinasti ke-21 dan dinasti ke-22 juga ditemukan di ruang penguburan.

”Pekerjaan belum selesai dan kami melanjutkan pekerjaan untuk menemukan lebih banyak objek dan lebih banyak makam,” kata Anany dalam sebuah pernyataan yang dilansir Reuters, Minggu (10/9/2017).

”Kami ingin surat kabar besok berbicara tentang Mesir dan membuat orang ingin datang ke Mesir,” imbuh Anany.
(mas)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top